LOMBA KELURAHAN & KECAMATAN BERSIH DAN HIJAU


Post by Dinas Lingkungan Hidup(CITRA APRO AMOR, S.Si) | Posted on 17 Mei 2016 13:09:46 WIB | Lingkungan | 2452 kali dibaca


       Lomba kelurahan dan kecamatan bersih dan hijau merupakan salah satu kegiatan dari program Gerakan Sumatera Barat Bersih yang dicanangkan oleh Gubernur Sumatera Barat “Prof. Irwan Prayitno” sejak 2013 lalu sebagai bentuk komitmen pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dengan visi terciptanya kebersihan lingkungan yang menyeluruh dan berkelanjutan. Tujuan pelaksanaan lomba kelurahan dan kecamatan bersih dan hijauyaitu mewujudkan masyarakat sehat, lingkungan hidup yang bersih dan meningkatkan pengelolaan sampah secara konsisten dan terpadu yang meliputi pengelolaan dan pengembangan aspek pembinaan dan peran serta masyarakat. Tahun ini merupakan tahun ke-3 pelaksanaan lomba kelurahan dan kecamatan bersih dan hijau.

       Pada 3 Februari lalu Bapedalda Provinsi Sumatera Barat telah mengirimkan surat permintaan usulan daftar kelurahan dan kecamatan yang akan mengikuti lomba kepada LH Kab/Kota. Bapedalda Provinsi Sumatera Barat meminta usulan 1 kecamatan untuk masing-masing kabupaten dan 2 kelurahan untuk masing-masing kota yang ada di Sumatera Barat. Penilaian lomba kelurahan dan kecamatan bersih dan hijau mencakup penilaian fisik dan non fisik. Penilaian fisik dilakukan dengan melakukan penilaian langsung ke lapangan dengan memperhatikan sejumlah kriteria pada beberapa titik pantau yang terdiri dari lokasi perkantoran, mesjid/mushola, jalan, sekolah, pemukiman, puskesmas, taman, sungai, TPS, pasar, serta ketersediaan bank sampah dan pembakaran sampah sebagai penilaian tambahan. Sedangkan penilaian non fisik merupakan penilaian terhadap dokumen yang berisi data-data terkait kelurahan/kecamatan yang diusulkan. Penilaian dilakukan oleh tim penilai yang berasal dari berbagai unsur yang terdiri dari Bapedalda Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kesehatan, Dinas Prasjaltarkim, BPM, Perguruan Tinggi, LSM, Jejaring Bank Sampah serta Pers Proses.

       Pelaksanaan penilaian fisik Lomba Kelurahan & Kecamatan Bersih dan Hijau akandilakukan oleh tim penilai pada minggu ke-II bulan Mei 2016 sampai dengan bulan Juni 2016. Penilaian fisik hanya dilakukan satu kali dan dilanjutkan dengan verifikasi pemenang. Verifikasi pemenang dilakukan terhadap 6 nominasi pemenang untuk menentukan 3 besar pemenang lomba. Pemenang lomba akan diberikan piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan yang akan diumumkan pada peringatan hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2016 mendatang.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh