18 SHLD KABUPATEN/KOTA DITERIMA PROVINSI


Post by Dinas Lingkungan Hidup(CITRA APRO AMOR, S.Si) | Posted on 17 Mei 2016 13:07:57 WIB | Lingkungan | 1383 kali dibaca


      Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) provinsi, kabupaten/kota menjadi sangat penting karena menyajikan data kependudukan, tekanan terhadap lingkungan karena kegiatan sosial ekonomi yang merupakan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan penduduk . Dalam rangka  meningkatkan ketersediaan, validitas data dan ketajaman analisis, serta mendukung koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah maka dilakukan pelaksanaan penilaian Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Tahun 2015. Dalam pelaksanaannya, penilaian SLHD masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Laporan SLHD terdiri dari dua buah buku, yaitu Buku Analisis yang berisi analisis tentang kondisi lingkungan (state), keterkaitan antara perubahan kualitas lingkungan hidup dengan kegiatan yang menyebabkan perubahan (pressure) dan upaya pengelolaan yang telah dilakukan (respons) serta Buku Data yang berisi data kualitas lingkungan hidup menurut media lingkungan (air, udara, lahan serta pesisir dan pantai), data kegiatan/hasil kegiatan yang menyebabkan terjadinya perubahan kualitas lingkungan hidup, data upaya atau kegiatan untuk mengatasi permasalahan lingkungan, dan data penunjang lainnya yang diperlukan untuk melengkapi analisis.

     Untuk tahun ini Bapedalda Provinsi Sumatera Barat menerima Laporan SLHD yang terdiri dari buku data dan buku analisis yang berasal dari 18 kab/kota yang ada di Sumatera Barat. Hanya Kabupaten Solok Selatan yang tidak mengirimkan laporan SLHD untuk tahun ini. Penilaian SLHD Kab/Kota dilakukan berdasarkan pedoman dan aplikasi Penilaian SLHD yang telah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sejak tahun 2011 Kementerian Lingkungan Hidup telah menyediakan Aplikasi Penilaian SLHD guna memudahkan dalam penilaian buku SLHD dan untuk mendapatkan nilai akhir SLHD. Saat ini penilaian SLHD Kab/Kota serta SLHD Provinsi Sumatera Barat sedang dilakukan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan berkoordnasi dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES). Direncanakan penilaian SLHD dari semua provinsi akan selesai dilakukan sampai akhir bulan ini. Pemenang SLHD direncanakan akan diumumkan bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Juni mendatang.

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh