Layanan Hotline Sumatera Barat


Post by Biro Humas(Jojon) | Posted on 14 Mei 2016 10:07:59 WIB | Berita Terkini | 1359 kali dibaca


Layanan Hotline Sumatera Barat

Padang, Layanan Hotline Sumatera Barat Demi Perbaikan dan Peningkatan Layanan Pemerintah dan Penataan Regional Yang Lebih Baik

Kini Sumatera Barat memiliki 2 nomer layanan pengaduan, yaitu
0823 8741 8181 Bidang Pariwisata
0821 75 333 444 Bidang Layanan Publik (SMS, WA & Telegram Satu Arah)

Setelah beberapa hari diluncurkan, layanan Hotline pengaduan alhamdulillah disambut masyarakat Sumatera Barat. Ada banyak sekali SMS, WA, dan Telegram yang masuk. Hanya saja, mohon maaf jika kami (sesuai yang sudah diinformasikan sebelumnya) hanya akan memproses info yang sudah jelas dan lengkap datanya.

Mengapa kami tidak memproses aduan yang data tidak lengkap? Karena kami menghindari fitnah, informasi palsu, dan tentu saja untuk mengefektifkan tindakan yang harus kami lakukan. Aduan yang kami proses pun yang sifatnya untuk kepentingan umum, perbaikan layanan, dan perbaikan birokrasi. Untuk kepentingan pribadi atau urusan orang per orang, tidak masuk kategori yang kami tangani.

Setiap anggota masyarakat dipersilahkan untuk menggunakan nomer tersebut, tentunya dengan tanggung jawab dan kesadaran penuh (bukan untuk main-main atau membuat laporan palsu).

Setiap aduan dan komunikasi yang masuk, bersifat satu arah (tidak dibalas oleh admin), sehingga penting bagi masyarakat yang memberi informasi untuk wajib memberi informasi yang lengkap, katakanlah memenuhi aspek 5W1H, yaitu:
1. Apa : berisi tema aduan
2. Dimana : Lokasi kejadian atau tempat yang ingin diinformasikan
3. Kapan : Waktu kejadian
4. Mengapa : jelaskan mengapa hal tersebut perlu diinformasikan
5. Siapa : Kenalkan data diri anda (nama, alamat) dan subyek yang ingin diinfokan
6. Bagaimana : kronologi yang ingin yang disampaikan

Setiap informasi yang masuk tetapi tidak memenuhi kelengkapan data seperti tersebut di atas, akan diabaikan oleh admin, karena kalau ditindaklanjuti tidak jelas arah follow up-nya dan cenderung salah sasaran.

Saya sangat mengharapkan kita semua sangat bertanggung jawab dan jujur dalam penyampaian informasi pada nomer-nomer tersebut, demi perbaikan dan peningkatan yang diharapkan. Dan layanan ini hanya untuk yang sifatnya umum, publik, dan bukan urusan pribadi-pribadi.

Semoga dengan ikhtiar ini, kita mampu bangun negeri kita ini dengan lebih baik lagi.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penyerahan Penghargaan Literasi dan Rapat Koordinas Bidang Perpustakaa

    • Jumat, 20 Oktober 2017
    • Jumat, 20 Oktober 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Gerakan Nasional Tertib Arsip

    • Kamis, 14 September 2017
    • Kamis, 14 September 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh