sumbarprov.go.id :: a b bpm-sumbarprov.go.id bappeda sumbar rup sumbar1

KEPALA BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SUMATERA BARAT YANG DIDAMPINGI OLEH DEWAN PUSTAKA PROVINSI SUMATERA BARAT MENGADAKAN DIALOG INTERAKTIF DI RRI PADANG

2016-04-27 14:20:37 || dibaca: 444 pengunjung || category: Berita Terkini || post by: Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Drs. Alwis selaku Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat bersama dengan Dewan Pustaka Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Dialog Interaktif di Radio Republik Indonesia (RRI) Padang.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat melahirkan beragam alat komunikasi canggih seperti ponsel yang terkoneksi langsung dengan internet, sehingga memudahkan pemakai mengakses dunia maya. Bahkan, saat ini perangkat canggih dimaksud tidak hanya digunakan oleh pelaku bisnis, melainkan telah dipakai oleh anak-anak. Dengan kondisi tersebut, waktu anak-anak tersita lebih banyak tersita untuk bermain game ataupun layanan lain yang tersedia dalam ponsel cerdas.

Menurut Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat Alwis, kecanggihan teknologi yang telah menyentuh anak-anak dan pelajar, juga berdampak terhadap minat berkunjung ke perpustakaan. Menyikapi hal tersebut, perpustakaan Sumatera Barat menerapkan teknologi untuk menarik kembali minat pelajar berkunjung ke perpustakaan.

“Teknologi itu memang mempengaruhi. Untuk itu kita juga menerapkan teknologi di perpustakaan untuk menarik minat kunjungan, diantaranya dengan membangun taman digital luar ruang yang menyediakan fasilitas berbasis teknologi, seperti akses internet nirkabel, dan perpustakaan digital,” ungkapnya usai menghadiri pelatihan penggelola perpustakaan, di Padang, Selasa (26/4/2016).

Alwis mengakui, terjadi peningkatan kunjungan ke Perpustakaan Sumatera Barat setelah diterapkan layanan berbasis teknologi informatika. Sebelumnya, jumlah kunjungan yang hanya 50 sampai 100 orang per hari, kini mampu meningkat menjadi 150 sampai 200 orang per hari.

“Kita memang harus mendorong agar perpustakaan menjadi tempat menyenangkan bagi anak-anak, menjadi lokasi liburan, sehingga mereka tidak lagi tertuju ke mall. Saat ini, dengan adanya penerapan teknologi, sudah terjadi peningkatan kunjungan khususnya hari Sabtu dan Minggu,” paparnya.

Alwis menjelaskan, selain diperlukan terobosan dari pihak perpustakaan, untuk meningkatkan kunjungan anak dan pelajar ke perpustakaan dibutuhkan peran besar dari orang tua untuk mendorong anak-anak agar rajin membaca sejak dini.

“Literasi sejak dini itu penting. Anak-anak harus dipancing untuk suka membaca, bisa dengan mengenalkan anak terhadap gambar, sehingga timbul keingintahuan dan ketertarikan terhadap buku,” jelasnya. 

Alwis menambahkan, melalui ponsel cerdas, anak-anak memang dapat mengakses beragam tulisan di dunia maya. Akan tetapi isi dan konten tulisan belum tentu sepenuhnya pantas dikonsumsi oleh anak, serta orang tua akan kesulitan melakukan pengawasan karena ponsel bersifat pribadi. Untuk itu, anak-anak tetap harus diarahkan ke perpustakaan sebagai sarana penambah ilmu dan pengetahuan. sumber : http://rri.co.id/post/berita/269785/daerah/perpustakaan_sumbar_gunakan_teknologi_untuk_menarik_mina_kunjungan.html



Berita Terkait

.

HARHUBNAS 2015

Acara Pelepasan Gerak Jalan Santai HARHUBNAS 2015 oleh kepala Dinas Perhubungan Kominfo Prov. Sumbar minggu, 13 September 2015 yang diikuti oleh keluarga besar perhubungan Kominfo dan Mitra kerja. Acara yang dilanjutkan dengan pembagian kupon doorpr

Lihat Selengkapnya

PENILAIAN LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016 DI KAB. LIMA PULUH KOTA

Pemberian Cenderamata oleh Bupati kepada Ketua Tim Penilai Pusat

Lihat Selengkapnya

DEKLARASI PILKADA BERINTEGRITASI BADUNSANAK YANG DAMAI DI RANAH MINANG

Kalimat ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Husni Kamil Manik. SP. Mp pada pidato Launching (peluncuran)  alias mendeklarasikan Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah (PILKADA) Serentak di Sumatera Barat yang dilaksanakan

Lihat Selengkapnya

best website stats