sumbarprov.go.id :: a b bpm-sumbarprov.go.id bappeda sumbar rup sumbar1

PEMPROV SUMBAR GANDENG LAPAN

2016-04-20 01:03:08 || dibaca: 554 pengunjung || category: Berita Terkini || post by: Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat gandeng Lembaga Antariksa dan Penerbangan (Lapan) untuk mendapatkan data spesifik dan akurat terkait sejumlah potensi yang ada di daerah itu. Kerjasama dimaksud ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dengan pihak Lapan di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Sumatera Barat, Selasa (19/04/2016).

Irwan Prayitno mengatakan, tidak hanya dapat dijadikan acuan bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengambil kebijakan, data hasil penginderaan jauh satelit Lapan yang akurat juga berfungsi untuk mengakhiri perbedaan-perbedaan data yang selama ini terjadi antar pemerintah daerah dan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

“Selama ini untuk data luas sawah saja berdebat antara Kabupaten/Kota dan Dinas Pertanian Sumatera Barat karena perbedaan data, belum lagi luas hutan. Untuk itu, hasil penginderaan jauh dengan skala tertentu akan dijadikan peta, sekaligus dijadikan acuan,” ungkapnya.

Irwan Prayitno menjelaskan, tidak hanya bidang pertanian, data penginderaan jauh Lapan yang dimanfaatkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat diantaranya untuk pemetaan tata ruang wilayah, kehutanan, kebencanaan, hingga potensi laut.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bapedda Sumatera Barat, Afriadi Laudin mengatakan, menindaklanjuti kerjasama dengan Lapan, juga dilakukan pelatihan terhadap personil di Provinsi dan Kabupaten/Kota agar bisa membaca data citra satelit Lapan.

“Hasil citra satelit ini akan diupdate dalam waktu berkala, dan dituangkan dalam bentuk peta. Untuk cetak peta, kita juga akan bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial, yang bisa menterjemahkan hasil penginderaan jauh dalam bentuk peta,” paparnya.



Berita Terkait

.

HARHUBNAS 2015

Acara Pelepasan Gerak Jalan Santai HARHUBNAS 2015 oleh kepala Dinas Perhubungan Kominfo Prov. Sumbar minggu, 13 September 2015 yang diikuti oleh keluarga besar perhubungan Kominfo dan Mitra kerja. Acara yang dilanjutkan dengan pembagian kupon doorpr

Lihat Selengkapnya

PENILAIAN LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016 DI KAB. LIMA PULUH KOTA

Pemberian Cenderamata oleh Bupati kepada Ketua Tim Penilai Pusat

Lihat Selengkapnya

DEKLARASI PILKADA BERINTEGRITASI BADUNSANAK YANG DAMAI DI RANAH MINANG

Kalimat ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Husni Kamil Manik. SP. Mp pada pidato Launching (peluncuran)  alias mendeklarasikan Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah (PILKADA) Serentak di Sumatera Barat yang dilaksanakan

Lihat Selengkapnya

best website stats