sumbarprov.go.id :: a b bpm-sumbarprov.go.id bappeda sumbar rup sumbar1

PERINGATAN HARI AIR DUNIA

2016-04-09 19:50:11 || dibaca: 2,774 pengunjung || category: Prestasi Daerah || post by: Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air

HARI AIR DUNIA 2016

Hari Air Sedunia atau World Water Day merupakan hari perayaan yang ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat sedunia (internasional) akan pentingnya air bagi kehidupan serta untuk melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan dan juga mempersiapkan kita untuk mengatur ketersediaan air di masa depan. Peringatan hari air dunia memberikan kesempatan kepada kita untuk mengetahui isu-isu yang berhubungan dengan air, sehingga menginspirasi kita melakukan aksi - aksi untuk membuat perbaikan dalam pengelolaan sumber daya air dalam kehidupan kita sehari – hari. Berdasarkan sejarahnya, Hari Air Sedunia dicetuskan kali pertama saat digelar United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) atau Konferensi Bumi oleh PBB di Rio de Janeiro pada tahun 1992. Pada Sidang Umum PBB ke-47 yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 1992, keluarlah Resolusi Nomor 147/1993 yang menetapkan pelaksanaan peringatan Hari Air se-Dunia setiap tanggal 22 Maret dan mulai diperingati pertama kali pada tahun 1993.

Setiap tahun peringatan Hari Air Sedunia memiliki tema dan logo tersendiri yang ditetapkan PBB, sebagai contoh yaitu :

  1. Tahun 2014 mengambil tema “Water and Energy“ atau “Air dan Energi”.
  2. Tema pada tahun 2015 adalah “Water and Sustainable Development” atau “Air dan Pembangunan Berkelanjutan”, yang diangkat menjadi tema tahun 2015 ini menyoroti pentingnya air dalam agenda pembangunan berkelanjutan.
  3. Peringatan Hari Air Sedunia tahun 2016, tema yang diangkat adalah “Water dan Jobs“ atau “Air dan Pekerjaan”.

Better Water, Better Jobs (Air lebih baik dan Kerja lebih baik)

Pada saat ini, hampir setengah pekerja di dunia (1,5 milyar orang) bekerja pada sektor yang berhubungan dengan air dan hampir semua pekerjaan bertumpu pada air. Tapi saat bersamaan, jutaan orang yang bekerja di sektor air sering kali tidak dikenali dan tidak terlindungan hak – hak dasar mereka. Oleh karena itu, pada tema hari air dunia 2016 (Water dan Jobs) memfokuskan supaya dengan terpenuhinya kuantitas dan kualitas air dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian para pekerja di sektor air. Bahkan bisa merubah kehidupan sosial dan ekonomi mereka (www.unwater.org)

Peringatan Hari Air Sedunia dilaksanakan setiap tanggal 22 Maret di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Dalam memperingati hari air sedunia, kita sebagai negeri yang memiliki kekayaan sumberdaya alam harus dapat mengatur pemakaian air untuk  setiap pemakaian agar tidak terjadi pemakaian yang berlebihan. Air sangat diperlukan oleh semua orang. Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air. Tidak hanya penting bagi manusia, air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia ini karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.  

Negara Indonesia terlihat masih kurang dalam memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi bagi masyarakatnya. Di lihat dari peta bumi dan geografinya, Indonesia seharusnya tidak terlalu khawatir terhadap krisis air karena hampir sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan. Kekeringan dan krisis air bersih terjadi di beberapa daerah meski telah memasuki musim penghujan. Disaat beberapa kota besar mengalami kebanjiran akibat curah hujan yang tinggi, justru permasalahan krisis air bersih dan kelangkaan air masih melanda kota-kota lain di Indonesia.

Pada peringatan hari Air Dunia 2016 khususnya di Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu :

  1. Edukasi

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya air bagi kehidupan, khusus kepada generasi muda dan anak sekolah. Kegiatan ini idawali dengan kampanye peduli air yang diadakan pada tanggal 22 Maret 2016, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan dalam bentuk lomba mewarnai (TK), lomba menggambar (SD) dan lomba pidato (SMP, SMA). Kegiatan ini diharapkan akan memberikan inspirasi dan motivasi kepada generasi muda sejak dini agar tindak tanduk mereka sebagai penerus kebijakan dapat terarah menuju kepada kelestarian air. Kegiatan lomba ini bertemakan “Air dan Pekerjaan” yang disesuaikan dengan tema Hari Air Dunia Tahun 2016 “Water and Jobs” dan akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2016.

 

  1. Upaya peningkatan dukungan sektor swasta dan partisipasi masyarakat.

Pada Minggu ke III April 2016 akan diadakan penanaman pohon bersama. Penanaman pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global dengan kemampuan pohon dalam menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab terjadinya pemanasan global. Secara Hidrologis manfaat penanaman pohon yaitu dengan banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah resapan/persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya. Selain itu dilakukan juga program kali bersih pada DAS Batang Kuranji dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka penyelamatan air di bagian hulu sungai. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada bulan April sampai dengan akhir tahun.

  1. Seminar

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan permasalahan yang berkaitan dengan sektor air terhadap apa yang telah dilakukan selama ini dan upaya perbaikan sehingga melahirkan suatu rumusan dan ditindaklajuti dalam bentuk tindakan yang akan dilaksanakan secara bersama oleh pihak – pihak terkait. Seminar di prakarsai oleh Himpunan Ahli Teknik Hidrolik Indonesia (HATHI) Pusat dan HATHI Sumbar dengan mengangkat tema antara lain :

  1. Konservasi dan Pendayagunaan Sumber Daya Air
  2. Pemberdayaan masyarakat dan pekerja yang terkait dengan sektor air.
  3. Kebencanaan / daya rusak air.
  4. Dll

Stakeholder

  1. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Dinas PSDA Prov. Sumbar)
  2. Kementerian PU PERA RI (BWSS V)
  3. PDAM Kota Padang
  4. Dewan SDA
  5. Forum DAS
  6. TKPSDA
  7. HATHI Pusat – HATHI Sumbar
  8. Perguruan Tinggi
  9. Para pihak terkait di sektor air.

 



Berita Terkait

.

HARHUBNAS 2015

Acara Pelepasan Gerak Jalan Santai HARHUBNAS 2015 oleh kepala Dinas Perhubungan Kominfo Prov. Sumbar minggu, 13 September 2015 yang diikuti oleh keluarga besar perhubungan Kominfo dan Mitra kerja. Acara yang dilanjutkan dengan pembagian kupon doorpr

Lihat Selengkapnya

PENILAIAN LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016 DI KAB. LIMA PULUH KOTA

Pemberian Cenderamata oleh Bupati kepada Ketua Tim Penilai Pusat

Lihat Selengkapnya

DEKLARASI PILKADA BERINTEGRITASI BADUNSANAK YANG DAMAI DI RANAH MINANG

Kalimat ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Husni Kamil Manik. SP. Mp pada pidato Launching (peluncuran)  alias mendeklarasikan Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah (PILKADA) Serentak di Sumatera Barat yang dilaksanakan

Lihat Selengkapnya

best website stats