Koordinasi dan Konsolidasi Dukungan Para Pihak Capai Target Perhutanan Sosial 500.000 Ha


Post by Dinas Kehutanan(FEBY ANROW, S.Hut) | Posted on 28 Januari 2016 02:32:40 WIB | Kehutanan | 804 kali dibaca


Didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, REDD+ UNDP, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan rapat koordinasi dan konsolidasi dukungan para pihak didalam tercapainya target Perhutanan Sosial (PS) seluas 500.000 Ha di Provinsi Sumatera Barat bertempat di hotel Mercure pada tanggal 25-26 Januari 2015.

Acara ini merupakan momen berkumpulnya semua pihak, mulai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Instansi yang membidangi Kehutanan di Kabupaten/Kota, Lembaga Non Pemerintah, akademisi untuk terumuskannya beberapa hal diantaranya: (1). Adanya cacatan refleksi aksi kolaboratif didalam mendorong perluasan skema perhutanan sosial di Sumatera Barat pada Tahun 2015, (2). Terbangunnya kesepahaman antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Lembaga Donor serta Organisasi Non Pemerintah didalam mengimplementasikan pencapaian target 500.000 Ha skema perhutanan sosial di Provinsi Sumatera Barat, (3). Adanya dukungan dan pembagian peran serta sumberdaya para pemangku kepentingan utama (Pusat, Provinsi, Kabupaten, Lembaga Donor serta Organisasi Non Pemerintah) didalam mendukung implementasi pencapaian target areal kelola kawasan perhutanan sosial di Provinsi Sumatera Barat, (4). Adanya aksi bersama untuk mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Barat didalam percepatan pencapaian 500.000 Ha skema perhutanan sosial di Tahun 2016.

Pada acara tersebut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Hendri Octavia menyampaikan bahwa penguatan masyarakat lokal dalam pengelolaan hutan merupakan sasaran selanjutnya bagi Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dengan memanfaatkan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) dan financial secara terarah untuk mencapai target Perhutanan Sosial 200.000 Ha pada Tahun 2016.

Hasil pertemuan tersebut antara lain: (1). Total lokasi yang ditargetkan oleh semua kabupaten adalah 108.820 Ha, (2). Total lokasi yang ditargetkan oleh organisasi non pemerintah adalah 376.237 Ha, (3). Pada umumnya permasalahan ditiap-tiap kabupaten adalah membutuhkan fasilitator untuk pelaksanaan Perhutanan Sosial sehingga perlu dilakukan mobilisasi terhadap tenaga pendamping.

Disamping hal di atas ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mendorong pengembangan Perhutanan Sosial di Sumatera Barat diantaranya adalah: (1). Perlu identifikasi wilayah strategis untuk pengembangan usaha-usaha produktif, (2). Perlu dilakukan dialog/komunikasi secara intensif antar semua pihak yang melakukan fasilitasi, (3). Melakukan perencanaan untuk antisipasi resolusi konflik, (4). Konsolidasi antar pihak terkait ada beberapa skema didalam perhutanan Sosial


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • SEMINAR SASTRA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GENERASI MUDA TENTA

    • Kamis, 27 Juli 2017
    • Kamis, 27 Juli 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Provinsi Sumater

    • Rabu, 21 Juni 2017
    • Rabu, 21 Juni 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh