Kunjungan Wisatawan ke Pulau Angso Duo Turun Akibat Faktor Cuaca.


Post by Dinas kebudayaan dan pariwisata(Dinas kebudayaan dan pariwisata) | Posted on 21 Desember 2015 08:41:33 WIB | Pariwisata | 1387 kali dibaca


Kunjungan Wisatawan ke Pulau Angso Duo Turun Akibat Faktor Cuaca.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Efendi Jamal di Pariaman, Rabu, mengatakan sepinya kunjungan wisatawan ke Pulau bisa disebabkan beberapa hal, diantara faktor cuaca.

Ia mengatakan dalam kurun waktu dua minggu terakhir jumlah wisatawan yang masuk ke Pulau mengalami penurunan drastis.biasanya dalam satu hari pengunjung ke pulau itu bisa mencapai 500 orang dari berbagai daerah, baik dari Sumbar maupun luar Sumbar.

Untuk tingkat kunjungan wisatawan ke kota itu pada periode Januari hingga Desember 2015 mencapai 2.545.004 jiwa yang terdiri atas lokal dan mancanegara.

"Dari jumlah tersebut 865 diantaranya merupakan wisatawan mancanegara," ungkapnya.

Selain itu, katanya, berdasarkan penelitian yang baru dilakukan oleh peneliti dari Universitas Bung Hatta Padang terkait terumbu karang direkomendasikan batas maksimal ke Pulau 50 orang per harinya.

"Itu hasil rekomendasi peneliti terumbu karang yang bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan perikanan Kota Pariaman," kata dia.

Menanggapi rekomendasi tersebut pihaknya sangat setuju karena jika tidak ada batasan pengunjung ke pulau itu maka dikhawatirkan akan merusak ekosistem yang ada dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu ia juga menyayangkan jumlah kapal wisata yang semakin bertambah tanpa surat izin untuk ke Pulau.

Saat ini jumlah kapal wisata ke Pulau berjumlah 29 unit, namun hanya 15 kapal yang memiliki izin dan diasuransikan.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Perizinan dan Perdagangan Disbudpar setempat, Fatma, mengatakan tingkat kunjungan wisata ke Pulau Angso memang mengalami penurunan drastis.

"Dalam kurun dua minggu terakhir tidak ada pengunjung yang bertolak ke Pulau," kata dia.

Menurut kami kondisi cuaca yang berubah-ubah juga mempengaruhi wisatawan untuk ke Pulau. Fatma mengklaim dalam kurun dua minggu tersebut calon pengunjung ke Pulau memang ada namun tidak jadi berangkat karena gelombang laut cukup tinggi.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh