Kemendag Dukung Sumbar Sambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 16 Mei 2013 14:00:42 WIB | Industri dan Perdagangan | 1443 kali dibaca


Kemendag Dukung Sumbar Sambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

 

Bertempat di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sumatera Barat, pada Selasa (5/3), Centre for Strategic and International Studies (CSIS) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas menyelenggarakan seminar publik dengan tema Implementasi dan Persiapan Pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Kegiatan ini sangat efektif guna mensosialisasikan makna dan implementasi MEA 2015, serta dampaknya bagi masyarakat khususnya di Sumatera Barat yang sarat dengan kegiatan perekonomian mulai dari skala kecil, menengah sampai internasional.

Seminar publik tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di wilayah ASEAN. Seminar bertujuan untuk memberikan informasi kepada aparatur pemerintah, kalangan akademisi, dunia usaha dan masyarakat umum bahwa MEA akan berlaku secara penuh mulai tahun 2015.

Sebagai salah satu narasumber, Direktur Kerja Sama ASEAN, Ditjen Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Djatmiko Bris Witjaksono, dalam paparannya menjelaskan secara komprehensif upaya-upaya yang harus dilakukan Indonesia, khususnya masyarakat Sumatera Barat dalam mempersiapkan dan memanfaatkan MEA 2015. “Agar Sumatera Barat dapat bersaing dan mengambil manfaat maksimal dari pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN, diperlukan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, efisiensi usaha dalam rangka peningkatan daya saing produk, pelayanan publik, dan perbaikan infrastruktur,” katanya.

Djatmiko juga menyampaikan bahwa peluang pasar di ASEAN ini harus menjadi pengetahuan bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seperti di Sumatera Barat. Untuk itu, Kemendag dan kementerian terkait lainnya akan bekerja keras untuk mensosialisasikan peluang pasar MEA kepada seluruh lapisan masyarakat baik di pusat maupun daerah.

Peserta seminar menyambut positif rencana realisasi MEA 2015 karena pasar ASEAN sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pelaku usaha Sumatera Barat. Hal ini terlihat dari aktivitas perdagangan yang cukup intensif ke negara-negara ASEAN. Kinerja perdagangan Sumatera Barat ke negara-negara ASEAN pada tahun 2012 menunjukkan surplus bagi Sumatera Barat, dimana ekspornya mencapai 82% dari total ekspor, atau sekitar USD 1,6 miliar. Sedangkan impor dari ASEAN hanya sebesar 35% dari total impor Provinsi Sumatera Barat, atau sekitar USD 74,5 juta.

Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno yang berkesempatan membuka seminar tersebut menekankan, “Apapun alasannya, Sumatera Barat harus siap menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 dan melihatnya sebagai peluang pasar bagi produk-produk ekspor Indonesia. Untuk itu, masyarakat Sumatera Barat harus menyiapkan diri melalui berbagai upaya peningkatan daya saing.

--selesai—

 

Informasi lebih lanjut hubungi:

Arlinda Imbang Jaya

Kepala Pusat Humas

Kementerian Perdagangan

Telp/Fax: 021-3860371/021-3508711

Email: pusathumas@kemendag.go.id

Djatmiko Bris Witjaksono

Direktur Kerja Sama ASEAN

Ditjen Kerja Sama Perdagangan Internasional

Kementerian Perdagangan

Telp/Fax: 021-3858203

Email: djatmiko@kemendag.go.id

 

 

 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh