IMBINGAN TEKNIS PEMASARAN DAN PROMOSI BAGI PELAKU USAHA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH ( IKM ) DI PADANG PADA TANGGAL 16 S/D 17 APRIL 2013


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 16 Mei 2013 13:51:45 WIB | Industri dan Perdagangan | 2124 kali dibaca


BIMBINGAN TEKNIS PEMASARAN DAN PROMOSI BAGI PELAKU USAHA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH     ( IKM ) DI PADANG PADA TANGGAL 16 S/D 17 APRIL 2013

Bimbingan Teknis Pemasaran dan Promosi ini dialaksanakan di Hotel Padang pada Tanggal 16 s/d 17 April 2013 dengan peserta berjumlah 25 orang yang berasal dari pelaku usaha Industri Kecil dan menengah ( IKM ) Sumatera Barat.

Tujuan pelaksanaan Bimbingan Pemasaran dan Promosi ini untuk meningkatakan pemahaman, pengetahuan dan wawasan pelaku usaha IKM Sumatera Barat dalam hal pemasaran dan promosi.

Nara Sumber berasal dari Dirjen Industri Kecil dan menengah Kementerian Perindustrian RI, Fakultas Ekonomi universitas Andalas dan dari PT Andalah Solution Bisnis.

Bintek ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Ridonald SE.M.Si Ka. UPTD Balai Promosi dan Pemasaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, dengan menyampaikan beberapa permasalah yang ada dan solusinya dalam hal berpormosi sbb :

Salah satu strategi promosi yang sering digunakan para pengusaha untuk mengenalkan produk mereka yaitu dengan mengikuti pameran. Pameran merupakan ajang untuk mengenalkan produk dan ajang untuk meningkatkan penjualan dengan menjaring konsumen sebanyak – banyaknya.

Berkembangnya event pameran yang diadakan pemerintah maupun berbagai perusahaan event organizer, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usaha kecil. Sebagian besar IKM mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya, selain itu ketatnya persaingan bisnis juga memaksa mereka untuk mempromosikan bisnisnya ke pasar. Dengan adanya pameran, para IKM dapat mempromosikan produk mereka langsung dengan terjun melihat peluang pasar bagi produk mereka.

Saat ini kegiatan pameran sering diadakan oleh perusahaan event organizer, ini ada untung dan ruginya. Keuntungan adanya pameran yaitu para iKM terbantu untuk mengenalkan produknya, namun di sisi lain ada pula ruginya karena tidak semua pameran ramai dikunjungi konsumen. Oleh karena itu dituntut kejelian dalam memilih kegiatan pameran yang ditawarkan. Sebelum mengikuti sebuah pameran, kita harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Carilah informasi mengenai siapa, kapan dan dimana penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pameran yang diselenggarakan organisasi besar, memiliki sumber daya dan strategi pemasaran yang lebih baik.
  • Cek terlebih dahulu mengenai jumlah pengunjung pameran. Ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung pameran terakhir yang diadakan organisasi tersebut. Hindari pameran yang jumlah kunjungannya cenderung sedikit. Berapa banyak stand yang ditawarkan dan berapa biaya yang ditawarkan. Sebelum mengambil keputusan untuk mengikuti pameran, mintalah kepastian dari panitia mengenai jumlah stand yang diperbolehkan ikut pameran.
  • Tanyakan sarana pendukung pameran, jangan mengiyakan sebuah pameran jika kita belum mengetahui tentang sarana promosi yang diberikan selama pameran berlangsung. Perhitungkan juga antara biaya yang kita keluarkan untuk mengikuti pameran dengan sarana yang diberikan panitia. Bila dirasa tidak seimbang, lebih baik jangan mengambil pameran

Banyak kiat yang dapat kita lakukan supaya IKM sukses dalam pameran :

Pertama, IKM harus menetapkan tujuan dan sasaran mengapa IKM ikut pameran dan apa yang harus ia capai. Misalnya, IKM hanya ingin taste produk, ada juga karena mengejar sales, ada yang mencari buyers.

Kedua, rancanglah skenario aktivitas di pameran nanti, apakah ingin membuat demo produk misalnya demo menenun. Bisa melakukan juga diskon harga. Daya tarik stand juga harus dipersiapkan sebelum ikut pameran.

Ketiga, pilih agenda pameran yang cocok, apalagi di Jakarta ada beberapa pameran di beberapa tempat. Pilihan lokasi harus memperhatikan 5 hal, yaitu dari tema pameran masing-masing punya kelemahan dan kelebihan. Pameran tematik khusus furniture cocok bila IKM ingin mencari buyer. Biasanya buyer itu cenderung mengikuti pameran yang tematik, maka kita harus mencari pameran tematik kalau ingin mencari buyer. Ada juga pameran yang general, seperti semacam festival yang lebih cocok untuk IKM mencari sales atau penjualan. Yang ketiga lihatlah penyelenggaranya, yang tergantung kemampuannya mempromosikan kegiatan pameran itu. Penyelenggara yang ternama akan mampu mendatangkan banyak pengunjung dan mampu mempublikasikan ke media. Berikutnya dalam memilih jenis pameran lihat waktu penyelenggaraan, untuk ritel atau mengejar sales ikuti pameran yang berkaitan dengan hari-hari besar, sedangkan untuk tematik biasanya berkaitan dengan season, bulan April dan September sebagai buyer season. Kelima, dalam memilih agenda perhatikan juga tempat. Di Jakarta misalnya yang terkenal di JCC dan Kemayoran.

Keempat, persiapan sebelum pameran berlangsung, yaitu dari sisi brosur yang harus dijelaskan profil perusahaan, ada website di brosur, ada produk dengan gambar menarik, bahasa kalau bisa ditampilkan dalam dua bahasa yang lebih dianggap berkualitas, apalagi didukung design grafis menarik. Berikutnya contoh produk yang akan ditampilkan juga penting. Seringkali konsumen ingin tahu produk dari bahan bakunya, teknologinya, dll. Seringkali pameran sukses bila IKM bisa menampilkan contoh produk yang lengkap untuk eksperimen. Saat ini konsumen cenderung memilih produk yang ramah lingkungan. Persiapan lain IKM perlu memiliki kemampuan menganalisa pasar, misalnya trend produk yang disukai konsumen saat itu. Berikutnya IKM lebih baik bila memiliki data potensial buyer dari pameran yang diikuti sebelumnya, sehingga komunikasi bisa lancar setelah ia bertemu buyer yang sudah di kenal. IKM juga perlu menyiapkan pendamping untuk berkomunikasi. Misalnya dengan merekrut mahasiswa/pihak lain sebagai penjaga stand.

Pada tahun 2013 ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat akan memfasilitasi Sarana dan Prasarana Promosi dan Pemasaran melalui Website Bagi semua pelaku Industri Kecil Sumatera Barat yang ingin mempromosikan produk unggulan mereka dan bertransaksi bisnis dengan pembeli. Hal ini bertujuan agar IKM Sumatera Barat dapat menjangkau pasar-pasar baru melalui internet dengan efisiensi waktu dan biaya yang sangat ringan.

Melalui Bimbingan Teknis Pemasaran dan Promosi Bagi Pelaku Usaha IKM Sumatera Barat, dapat kita perluas jaringan pemasaran baik melalui Pameran, maupun dalam Teknologi Informasi melalui Internet di masa mendatang.

Demikianlah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perindag Provinsi Sumatera Barat pada Pembukaan Bimbingan teknis Pemasaran dan Promosi tersebut.


Berita Terkait :

Belum Ada Berita Terkait

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh