PELATIHAN INFORMASI TEKNOLOGI BAGI INDUSTRI KECIL SUMATERA BARAT


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 16 Mei 2013 13:48:57 WIB | Industri dan Perdagangan | 1571 kali dibaca


PELATIHAN INFORMASI TEKNOLOGI BAGI INDUSTRI KECIL

SUMATERA BARAT

Pelatihan Informasi Teknologi bagi Industri Kecil Sumatera Barat dilaksanakan di Hotel Rocky Padang yang terdiri dari 2 ( dua ) angkatan, angkatan I dilaksanakan pada tanggal 17 s/d 19 dan angkatan II pada tanggal 23 s/d 25 April 2013 sebanyak 20 orang masing-masing angkatan yang berasal dari Kab/Kota Sumatera Barat, terdiri dari IKM Tenun dan IKM Produk dari kulit.

Tujuan Kegiatan ini adalah :

  • Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta tentang Teknolgi Informasi/Internet
  • Agar Pelaku IKM Sumatera Barat mampu dan mahir dalam menggunakan perangkat IT dalam berbisnis secara mandiri dan dapat mempromosikan produk yang dihasilkan dengan buyers dari dalam dan luar negeri

Nara sumber berasal dari Universitas Andalas

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Rinaldi S.Tek. Ka. Bidang Industri Non Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, dengan menyampaikan beberapa hal dalam Informasi Teknologi sbb :

Indonesia dengan jumlah penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, seharusnya mengambil peran yang strategis dalam penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah Internet. Hasil riset memperlihatkan, bahwa penggunaan Internet di Indonesia tahun 2011 sudah mencapai sebanyak 55 juta pengguna, meningkat dari tahun 2010 sebanyak 42 juta pengguna. Jumlah ini akan terus meningkat seiring kemudahan yang diperoleh oleh si pemakai dalam mengakses Internet. Dengan Kemudahan layanan Internet, banyak orang akhirnya mulai melihat Internet sebagai lahan penghasil uang yang cukup lumayan, bahkan tidak jarang beberapa orang yang sukses meraup keuntungan dengan hanya bermodalkan sebuah blog gratis di Internet.

Di zaman yang sudah semakin maju ini, kebutuhan internet sudah bukan lagi menjadi barang mewah atau hanya milik sekelompok orang saja. Tapi Internet ternyata dapat juga diaplikasikan dalam kegiatan usaha sehari-hari.

Sebagai contoh, bila kita memiliki suatu usaha yang di kelola sendiri atau bersama teman-teman, dan ingin agar usaha tersebut lebih berkembang lagi, maka cara efektif selain tentunya mempromosikan usaha lewat layanan Promosi Offline, juga kita harus mengikut sertakan usaha untuk promosi dengan cara Online.

Apapun jenis usaha, apapun hobby atau lebih tepatnya apapun kegiatan, kebutuhan akan Internet sudah menjadi sesuatu yang disebut wajib harus menyertainya.

Mungkin untuk saat ini, belum terlalu mengena sasaran yang tuju, namun seandainya dalam 2 tahun ke depan atau mungkin saja 5 tahun ke depan, di mana setiap usaha yang dilakukan oleh individu, pasti menggunakan internet untuk memperluas jaringan usahanya.

Kalau kita sudah mempersiapkan diri jauh sebelum rekan-rekan atau teman-teman lainnya, pastinya usaha kita akan lebih berkembang di banding usaha dari teman yang lain.

Dalam penerapan Informasi Teknologi di kalangan IKM saat ini sering menjadi kendala. Hal ini disebabkan antara lain : Ketidaksadaran IKM akan pentingnya IT dalam berbisnis, masih terbatasnya akses jaringan internet terutama di Pedesaan dan pelosok daerah, kemampuan SDM di Industri Kecil dalam mengoperasionalkan alat-alat IT terutama IT berbasis on line.

Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat dalam menjawab semua permasalahan di atas melaksnakan Pelatihan IT bagi Industri Kecil Sumatera Barat sebanyak 2 (dua) angkatan yang nantinya akan diperkenalkan kepada peserta Pelatihan cara menggunakan alat dan perangkat IT, membuat Blog spot, Website, cara berbisnis lewat internet, membuat email, dan lain-lain , serta pada tahun 2013 ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat akan memfasilitasi Sarana dan Prasarana Promosi dan Pemasaran melalui Website bagi semua pelaku Industri Kecil Sumatera Barat yang ingin mempromosikan produk unggulan mereka dan bertransaksi bisnis dengan pembeli.

Melalui Pelatihan Informasi Teknologi Bagi Industri Kecil Sumatera Barat ini dapat memperluas jaringan pemasaran serta promosi produk IKM lewat dunia maya di masa mendatang, sehingga Industri Kecil Sumatera Barat bisa lebih maju dan mempunyai daya saing yang kuat di Pasar Global.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perindag Provinsi Sumatera Barat pada Pembukaan Pelatihan Informasi Teknologi bagi Industri Kecil Sumatera Barat.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh