Forum Koordinasi Program Ditjen IUBTT Tahun 2014 di Batam Provinsi Kepulauan Riau


Post by Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(DON SUHENDRA) | Posted on 25 Juli 2014 03:12:50 WIB | Pembangunan | 1538 kali dibaca


Undangan dari Direktorat Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Nomor : 372/ IUBTT.1/4/2014 tanggal 28 April 2014 perihal Forum Koordinasi Program Ditjen IUBTT Tahun 2014.
Tujuan dari pelaksanaan Forum Koordinasi ini dalam rangka sinergitas program pengembangan Sektor Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Tahun 2015 dengan Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Instansi terkait. 

 
Peserta yang diundang pada Forum Koordinasi ini adalah (1) Bappeda Provinsi/ Kabupaten/Kota, (2) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi/ Kabupaten/Kota, terpilih se Indonesia. ATMI Solo, Pengelola CCA Cimahi, Pengelola Bandung Technopark, Pengelola Solo Technopark, Pengelola IBC Depok, Pengelola IBC Solo, Pengelola RICE Jakarta, Pengelola RICE Bandung, Direktur STMIK Amikom Yogyakarta, Ka.NASDEC, Ketua Jurusan Teknik Mesin ITB, Fakultas Teknik Mesin UNAND, Ka.Balai Besar Bahan dan Barang Teknik, Ka.Balai Diklat Industri Surabaya.
Dari Provinsi Sumatera Barat dihadiri oleh Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Universitas Andalas/Fakultas Teknik selaku Tim Alsintan Center dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat.
Pelaksanaan dari Forum Koordinasi Program Ditjen IUBTT Tahun 2014 ini diawali dengan paparan dari masing-masing Narasumber (Kemenko Perekonomian) dan Direktorat lingkup Kementerian Perindustrian menjelaskan rencana program Tahun 2015, dengan perincian sebagai berikut :
a.    Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia – KP3EI, Kementerian Koordinator Perekonomian RI “Peran MP3EI Dalam Meningatkan Perekonomian di Sektor Industri“.  
b.    Biro Hukum Kementerian Perindustrian “Penerapan Undang-undang  Perin-dustrian Nomor 3 Tahun 2014”.
c.    Direktorat Industri Elektronika dan Telematika “Industri Elektronika dan Telematika”
d.    Direktorat Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian “Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian”
e.    Direktorat Industri Alat Transportasi Darat “Industri Alat Transportasi Darat”.
f.    Direktorat Industri Maritim, Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan “Pengembangan Industri Maritim, Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan”.
Hasil dari Koordinasi dan keterpaduan program dan kegiatan pengembangan Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi antara Pusat dan Daerah Tahun 2015 dibahas secara mendalam oleh para pejabat pusat dan daerah, dan akan dilaksanakan secara konsisten serta akan dijabarkan lebih rinci dan akan disosialisasikan oleh para pejabat dalam rapat-rapat kerja di daerah dalam penyusunan Program daerah guna mendukung program kerja dalam APBD 2015. Program kegiatan tahun 2015 akan dilaksanakan dengan memperhatikan kondisi dan kebutuhan daerah sesuai Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2015 untuk sektor industri. Selanjutnya kami sampaikan beberapa usulan kegiatan yang disampaikan melalui masing-masing Direktorat lingkup Ditjen IUBTT Kementerian Perindustrian sebagai berikut :
a)    Direktorat Industri Alat Transportasi Darat
-   Penguatan Struktur Industri Sepeda, yang diusulkan adalah Sepeda Listrik oleh Fakultas Teknik Universitas Andalas
b)    Direktorat Industri Maritim, Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan
-    Penguatan Industri Perkapalan dengan sasaran Mengembangkan Kawasan Khusus Industri Galangan Kapal untuk menarik Investor asing dan lokal : diusulkan kegiatan Pembangunan Industri Galangan Kapal di Kecamatan Bungus Kota Padang Provinsi Sumatera Barat
-    Dukungan ketersediaan suku cadang untuk komponen kapal
c)    Direktorat Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian
Pada tahun 2014 melalui Program Kerja Pengembagan Alsintan Center di Sumatera Barat dan Kalimantan Barat dengan outcome berkembangnya Alsintan Center di Sumatera Barat dan Kalimantan Barat dengan kegiatan pokok :
a) Melaksanakan workshop dan konsinyering dalam rangka pengembangan Alsintan Center di Sumbar dan Kalbar;
b) Melaksanakan Bantuan Mesin/Peralatan untuk Alsintan Center di Sumbar;
c) Melaksanakan bantuan mesin/peralatan untuk Alsintan Center di Kalbar. Outputnya adalah terfasilitasinya pengembangan Alsintan Center di Sumbar dan Kalbar. Untuk menunjang kegiatan ini akan diusulkan alokasi melalui dana kegiatan Revisi Penambahan Anggaran Tahun 2014 (APBN Perubahan) sebesar Rp. 5 Milyar.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh