Terapkan Pool Test, Lab Unand Sanggup Uji Masif Sampel Swab


Post by Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(TITA SHANIA) | Posted on 30 Juni 2020 11:02:53 WIB | Berita Terkini | 86 kali dibaca


Kepala Pusat Kendali Operasi (Pusdalops) BNPB, Bambang Surya Putra, pada Minggu (21/06), melakukan peninjauan ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang yang digunakan sebagai tempat pengujian dan pemeriksaan sampel swab tenggorokan untuk penanganan penyebaran Covid 19 di Sumbar. Dalam peninjauan tersebut, Bambang memuji kinerja lab Unand, karena mampu memeriksa sampel usap tenggorokan secara efektif.

Bambang mengatakan, dengan metode pool test yang diterapkan oleh Lab Fakultas Kedokteran Unand dalam pengujian sampel hasil pelacakan penyebaran Covid 19, maka uji sampel dapat dilakukan secara masif dengan tingkat efisiensi dan efektivitas tinggi. Ia juga menambahkan, bahwa pemeriksaan secara pool test hanya diterapkan di Lab Unand dan ini berbeda dengan lab lab pemeriksa sampel lainnya di Indonesia.

Adapun pemeriksaan sampel secara pool test ini diinisiasi oeh DR. Dr. Andani Eka Putra, yang merupakan pimpinan laboratorium Unand. Metode pool test adalah melakukan pengetesan lima sampel sekaligus. Apabila hasilnya negatif, maka dipastikan kelima sampel tersebut negatif. Namun jika hasil menunjukkan positif, maka dari lima sampel tersebut baru diperiksa kembali satu per satu. Metode ini cukup efisien dan menghemat waktu, dan itulah yg membuat Sumbar dapat memeriksa seribu sampel lebih dalam satu hari. 

Pemeriksaan sampel dengan menggunakan metode pool test juga efektif dalam melacak Orang Tanpa Gejala (OTG) dan ini membuat Sumbar tidak terjebak hanya dalam pemeriksaan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah dirwat dirumah sakit. Dengan keberhasilan melacak dan mengkarantina OTG, maka itu cukup efektif untuk menekan laju penyebaran Covid 19 secara signifikan di Sumbar.

Lebih jauh Bambang mengatakan bahwa BNPB sangat suportif terhadap apa yang dikerjakan oleh lab Unand. BNPB akan mendukung penuh terhadap pengujian yang diterapkan dan seluruh kebutuhan PVR, reagen, dan segala keperluan lainnya akan dibiayai oleh BNPB. Ia menambahkan, peninjauan ini dilakukan untuk melihat ketersediaan kapasitas yang cukup di laboratorium penguji sampel. Pihaknya juga akan berkunjung ke lab lain yang ada di kabupaten/kota, untuk memastikan apakah penanganannya sudah sesuai dengan standar dari Gugus Tugas Nasional.

Sedangkan untuk rujukan rumah sakit penanganan Covid 19, Pemprov Sumbar telah menunjuk RS Dr. M. Djamil Padang, dan RSAM Bukittinggi sebagai rumah sakit rujukan utama. Didukung oleh rumah sakit lainnya yakni RS Unand Padang, RS M. Natsir, RS Semen padang, RS Reksodiwiryo, RSUD Pariaman dan RSUD Dr. Rasyidin Padang. 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh