Atasi Kaca Berembun Saat Hujan pada Mobil


Post by Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) | Posted on 07 Oktober 2013 23:25:49 WIB | Artikel | 1228 kali dibaca


Apakah Anda kerap mendapati kaca mobil Anda berembun kala dikemudikan di tengah guyuran hujan dan peranti pendingin ruangan (AC) mobil dinyalakan? Jangan bingung. Kejadian seperti sering terjadi dan dialami oleh banyak pemilik mobil.

Hanya, kejadian seperti itu sulit diperkirakan, sebab umumnya mobil tidak menunjukkan gejala aneh apapun di saat cuaca terang. Bahkan, sebelumnya kejadian itu tidak pernah terjadi di mobil Anda. 

Ada cara darurat atau yang paling gampang juga bisa Anda lakukan dengan biaya yang murah.

1. Gunakan shampo rambut
Bila kebetulan Anda tengah melintas ke jalan raya yang banyak warung kelontong belilah shampo rambut. Setelah itu oleskan sedikit cairan itu di kaca mobil bagian dalam, tetapi jangan dicampur air.

Kemudian lap kaca yang telah diolesi shampo itu dengan lap kanebo yang sedikit lembab. “Lap juga jangan berair yang penting lembab.

Cara mengelapnya juga harus searah, agar kaca tidak buram. Sebab, sapuan lap dua arah berkali-kali justru akan meratakan busa shampo yang telah bercampur kotoran di kaca. Akibatnya kaca menjadi buram.

Cairan shampoo mengandung unsur kimia dengan PH tertentu dibuat untuk mengeringkan uap air. Pabrikan shampo meramu zat kimia itu agar pengguna shampo rambutnya tidak lembab sehingga mampu mempertahankan aroma shampo dan rambut terlihat mengkilap.Zat kimia itulah yang dimanfaatkan untuk mengeringkan embun di kaca saat hujan.

Satu hal yang perlu diingat, bila hujan telah reda dan cuaca kembali cerah segera bersihkan kaca mobil Anda dari shampo dengan menggunakan lap hingga bersih. Bila tidak segera dibersihkan bekas shampo itu akan mengikat debu atau kotoran lain yang terbawa angin yang masuk ke kabin mobil saat Anda membuka kaca.

2. Manfaatkan tembakau
Bila sedang melintas di jalan tol sehingga tidak mungkin membeli shampo di warung, maka gunakan tembakau rokok Anda atau tembakau lainnya. Tetapi, berbeda dengan shampo tembakau di bagian depan mobil.
Mungkin secara ilmiah sulit untuk menjelaskan khasiat tembakau dengan menghilangkan embun di kaca mobil, tetapi cara ini cukup mujarab.

Namun unsur nikotin yang ada di tembakau diyakini mampu menyerap embun yang ada di kaca. Satu hal yang juga harus diingat adalah, jangan usap terlalu keras taburan tembakau rokok karena dikhawatirkan ada campuran potongan cengkeh yang bisa menggores kaca.

3. Cairan anti kabut
Saat ini di toko perlengkapan mobil banyak dijual cairan anti kabut atau defogger. Cara untuk menggunakan zat ini juga cukup mudah karena kemasannya berupa semprotan dalam tabung.

Anda tinggal menyemprotnya ke kaca bagian dalam. Kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu lap dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah beberapa kali. Tetapi jangan berlawanan karena justru membuat kaca buram.

Ulangi pengelapan beberapa kali sehingga kaca benar-benar bersih.

4. Pencegahan
Kejadian kaca berembun itu bisa terjadi kapan saja dan di mobil merek, jenis, dan kelas apa saja. Mulai dari mobil paling murah hingga mobil mewah bisa saja mengalaminya bila cara memperlakukan mobil salah.

Agar kejadian seperti itu tak menimpa Anda, maka sebaiknya memperhatikan cara pencegahan berikut ini.

a. Jangan parkir di tempat yang terlalu terik.

b. Usahakan membuka seluruh kaca meski beberapa menit setelah mobil di parkir ditempat terik dan sebelumnya menyalakan AC.

c. Jangan sering menggunakan lap yang dicelup air untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam. Bila hal itu telah terlanjur Anda lakukan, maka setelah mobil di cuci usahakan untuk membuka seluruh kaca hingga udara di kabin benar-benar kering.

d. Bersihkan karpet dek mobil secara teratur dengan menjemurnya selama beberapa jam. Karena karpet, meski terbuat dari bahan karet atau bahan lain yang kedap air masih membawa air atau bahan lain yang berair.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh