STRATEGI KEMENDAG GENJOT EKSPOR DI 2013


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 20 November 2013 02:41:23 WIB | Artikel | 921 kali dibaca


STRATEGI KEMENDAG GENJOT EKSPOR DI 2013


Total nilai ekspor Indonesia selama 2012 turun 6,61% menjadi US$ menjadi US$ 190,04 miliar dibandingkan 2011 sementara pada tahun ini , ekspor ditargetkan berkisar US$ 200 juta. Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan strategi untuk mencapai target ekspor nasional 2013 pada saat pemulihan ekonomi glogal. Kemendag selalu berupaya meningkatkan ekspor pro duk bernilai tambah dan membangun citra Indonesia sebagai negara produsen yang handal, ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Gusmardi Bustami di Jakarta. Dia menyebut kan strateginya adalah dengan kon sisten membuka akses pasar di negara – negara non tradisional ( negara-negara di kawasan Afrika, Asia Selatan, Asia Tengah, Amerika Tengah dan Amerika Latin). Upaya lain mempertahankan pasar yang telah ada di negara-negara tradisional seperti Amerika Serikat,Eropa, China dan Jepang. Bahkan Direkto rat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) telah menyusun program promosi 2013 yang fokus pada fasilitasi berbagai pameran skala Internasional baik di dalam negeri maupun luar negeri misi dagang serta nation branding. Imp lementasi dari ketiga program ini diharapkan mampu memperkenalkan produk dan potensi yang dimiliki Indonesia di mata dunia serta meningkatkan ekspor. Fasilitasi Kemendag pada pameran luar negeri antara lain menyiapkan tempat pameran dan membangun Paviliun Indonesia, serta membantu pengiriman barang peserta pameran.

Adapun untuk pameran dalam negeri, fasilitasi terbatas pada beberapa pameran besar dan puncaknya adalah penyeleng garaan Trade Expo Indonesia (TEI) yang diadakan pada 16-20 Oktober 2013. Penyelenggaraan TEI tahun ini mengembangkan konsep dan pola sinegritas yang diharapkan dapat semakin meningkatkan investasi asing dan kinerja industri dalam negeri, imbuh Direk ur Pengembangan Promosi dan Citra Pradnyawati. Misi dagang dinilai menjadi instrumen penting dalam meningkatkan ekspor nasional, teruta ma untuk memperkenalkan potensi pasar di negara-negara non tradisional bagi para pengusaha Indonesia. DJPEN secara konsisten memfasili tasi penyelenggaraan Forum Bisnin dan pertemuan one-on-one antara pengusaha Indonesia dengan pembeli negara setempat yang dapat diman faatkan para pengusaha untuk memperkenalkan produk, menjalin jari ngan guna menjajaki kabolarasi bisnis dengan pengusaha lokal perdagangan Indonesia. Kampanye ini selain memanfaatkan media televisi internasional, juga dituangkan dalam bentuk penyelenggaraan indonesian Night pada Word Economic Forum di davos, swiss, pada Januari lalu. Kampanye juga pada kegiatan-kegia tan besar di dalam negeri seperti APEC CEO Sumit pada Oktober 2013 dan Konferensi Tingkat Menteri Word Trade Organization pada Desember 2013 mendatang, Di harapkan nation branding ini mampu meningkatkan citra indonesia seba gai negara produsen yang handal sekaligus mitra dagang yang dapat dipercaya. Keberhasilan promosi dan kampanye nation branding yang merupakan ujung tombak kegiatan pamasaran dan pencitraan ini memerlukan partisipasi aktif instansi pemerintah dan pelaku usaha swata ujar Pradnyawati.sumber bisnis indonesia.


Berita Terkait :

Belum Ada Berita Terkait

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh