KEGIATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KOTA


Post by Badan Pemberdayaan Masyarakat(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 23 Januari 2020 09:12:20 WIB | Berita Terkini | 163 kali dibaca


KEGIATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KOTA

 

BELANTI 22 Januari 2020, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM menerima kunjungan Walikota Solok Zul Elfian. SH. MSi. Dt.Tianso di ruang kerja beliau, Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang. Dalam menerima kunjungan ini Kadis didampingi oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa/Nagari Azwar, SE. MSi, Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat Desrianto Boy dan Sekretaris DPMD Drs. Armeyn. Walikota Solok didampingi oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) Kota Solok Marwis.SE.MM, Rabu 22Januari 2020

Walikot Zul Elfian membicarakan tentang kegiatan pemberdayaan apa saja yang bisa dilaksanakan di Kota, disamping itu juga kegiatan apa saja yang bisa disinkronkan dan disenergikan antara kegiatan Provinsi dengan daerah khususnya untuk Kota Solok, begitu pula dengan masalah pembinaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), pembinaan Pemberdayaan masyarakat di Kelurahan, pembinaan Kerapatan Adat Nagari (KAN) PKK dan lain sebagainya, apalagi beberapa tahun terakhir ini Kota Solok sangat miskin dengan bermacam-macam bentuk perlombaan yang merujung pula kepada minimnya petolehan prestasi. Hal ini disebabkan di Kota Solok tidak jelas OPD yang mengurus pemberdayaan masyarakat ini, dan juga kurangnya koordinasi dengan DPMD Provinsi. Padahal inovasi di Kota Solok sangat bagus khususnya masalah POSYANTEK, tetapi tidak ikut dilombakan di tingkat Provinsi, begitu juga dengan lembaga kemasyarakatan lainnya seperti KAN, PKK dan lain-lain.

Untuk menyikapi persoalan ini tentu bak gayung bersambut  bagi Syafrizal sebagai Kadis PMD Provinsi Sumatera Barat, karena setiap kegiatan Provinsi eksekusinya adalah di Kabupaten dan Kota, karena Kabupaten dan Kotalah yang mempunyai masyarakat dan lembaga masyarakat, merekalah yang akan kita berdayakan, yang pasti setiap kegiatan di Provinsi suratnya sudah pasti  dikirim ke bupati dan walikota. 

Mantan Penjabat Bupati Dharmasraya ini mengatakan bahwa kegiatan untuk tahun 2020 8ni cukup banyak melibatkan partisipasi madyarakat dan lembaga kemasyaraktan di Kabupaten dan Kota, bahkan untuk lomba diantaranya ada Lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Berprestasi, KAN terbaik, POSYANTEK, LPM, PKK, Kader POSYANDU, dan lain-lain, semua lomba ini dapat diikuti okeh Kota Solok.

Mantan ketua PBSI empat periode ini juga mengekspos tentang pelaksanaan Dana Desa dan Nagari di Perkotaan di Wilayah Sumatera Barat, karena di Kota sekalipun tidak ada pemerintahan Nagari namun suasana Nagari tetap ada dan juga Kerapatan Adat Nagari (KAN) tetap ada di Kota, khusus untuk Kota Solok suasana bernagari tentu tetap dilestarikan, dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga melakukan pembinaan tentang hidup Bernagari di Perkotaan, dimana sekarang sedang diproses pembentukan rencana peraturan gubernurnya. Walikota Solok sangat antusias mendengar paparan Kadis PMD Sumbar ini dengan langsung memerintahkan Kepala Balitbangnya untuk segera membentuk panitia yang dibutuhkan untuk beberapa kegiatan yang bisa ditampung oleh APBD tahun 2020 Kota Solok, dan juga akan meningkatkan koordinasi dengan Provinsi khususnya dengan DPMD Provinsi Sumatera Barat, demikian dilaporkan. (by. Akral)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh