KUPP PENERIMA BANTUAN DANA APBN, TEKEN MOU DENGAN DISPORA SUMBAR


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 15 November 2013 11:08:30 WIB | Berita Terkini | 2695 kali dibaca


  PADANG,…Kelompok Usaha Pemuda Produktif ( KUPP ) penerima bantuan dari dana APBN Kementrian Pemuda dan OLahraga ( Kemenpora ) RI melalui Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Provinsi Sumatra Barat tahun 2013, secara resmi menandatangani MOU Juma’t 15/ 11 di Kantor Dispora Jalan Rasuna Said Padang.

Penandatanganan itu juga disertai pencerahan dan arahan, yang dipimpin Sekretaris Adib Alfikri, SE, M.Si didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar Drs, Afrizal Muchtar, M.Pd.

Dalam arahannya Adib Alfikri mengingatkan, Program KUPP adalah program meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan berwirausaha bagi pemuda dalam mengembangkan usaha mandiri yang berbasis pada keunggulan lokal. Tujuan KUPP adalah meningkatkan semangat pemuda dalam mutu SDM-nya, tata kelola, dan proses produksi usaha. Dari program tersebut, juga dikembangkan daya saing dalam hal mutu, harga dan ketepatan waktu. Sehingga dapat memperluas jaringan usaha dan sebaran penjualan atau pasar.Bagi KUPP yang akan menerima bantuan agar memanfaakan dana tersebut sesuai tujuan dan rencana usaha yang disampaikan melalui proposal masing- masing.

Adib juga menekankan, dana bantuan tersebut merupakan uang Negara, setiap uang Negara harus dipertanggung jawabkan karnanya jangan sampai disalahgunakan, dengan membeli sesuatu yang tidak sesuai usaha dan proposal yang ada, dengan kata lain jangan sekedar menerima uang saja, tetapi tunjukan keseriusan, dan kesungguh- sungguhan dalam mengelola dana tersebut untuk meraih sukses dalam berwirausaha.

Selain itu lanjut Adib, Pemerintah sendiri akan menilai, KUPP yang berhasil mengelola dana bantuan itu akan diprioritaskan untuk menerima bantuan yang lebih besar, dan sekaligus nanti akan dijadikan ‘’ Profil “ ( contoh ) bagi kelompok pemuda.

‘’Kita berharap, KUPP penerima bantuan agar berlomba untuk meraih sukses supaya kedepan bisa mendapat bantuan yang lebih besar lagi, dan sekaligus juga diharap dapat memprofokasi teman- temannya untuk mau berwirausaha,’’ kata Adib Alfikri.

Sementara Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar Afrizal Muchtar Menerangkan, Kriteria penerima program ( KUPP ) ini adalah pemuda usia 16-30 tahun, menganggur, memiliki kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Serta diprioritaskan dari kalangan keluarga kurang mampu. Rekrutmen dilakukan dengan cara seleksi administrasi, seleksi isi proposal, dan seleksi data lapangan melalui kegiatan nyata, selain itu program ini secara khusus juga untuk memberikan kesempatan belajar bagi pemuda usia produktif agar memperoleh pengetahuan, keterampilan yang ditopang oleh sikap mental berani bertanggung jawab dan berani mengambil resiko, untuk itu KUPP yang menerima dana bantuan ini agar mempergunakannya semaksimal mungkin, karena bantuan yang lebih besar dari Kemenpora masih banyak lagi, sedangkan bantuan itu hanya bisa didapat setelah berhasil pada program KUPP yang sekarang ini,’’ terangnya.

15 KUPP yang mendapat Bantuan Dari dana APBN tahun anggaran 2013, Tekat Mandiri Budidaya Jengkrik Nagari Ganggo Hilliia ( Pasaman ), Arwana Jorong Tabek Kolam Ikan Nagari Tabek ( Tanah Datar ), Mandiri Itik, Itik Petelur Nagari Sei. Tarab ( Tanah Datar ), Salsabila Pembuatan VCO dan Minyak Tanah Nagari Sunir ( Padang Pariaman ), Nagari Halaban Tenunan Songket Halaban Nagari Halaban ( 50 Kota ), Muda Saiyo Perkebunan Terung Nagari Halaban ( 50 Kota ), Bina Mandiri Peternak Kambing Nagari Koto Tangah ( Agam ), Sipisang Mandiri Kolam Ikan Nila Nagari Nan Tujuh ( Agam ), dan Karya Muda Bersama usaha Budidaya Ikan Lele, Kampung Teleng ( Padang Panjang ).

Selanjutnya, 4 D Jok, Renovasi Jok Kel. Koto Panjang ( Padang Panjang ), Sejati Kel. Koto Baru Payobasung, Ternak Itik ( Payakumbuh ), Cahaya Gemilang, Bordir Mukena Dusun Pauh Tangah ( Kota Pariaman ), Queen Hammock, Kerajinan Tali Jemali Kel. Jati ( Padang ), Pemuda Mulia, Ternak Ayam Kampung Kel. Limau Manis ( Padang ) dan Cicadas Breeding Effor, Pakan Burung/ Ikan Hias Kel. Koto Panjang ( Padang ). ( MUL )


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh