Pantai Air Manis


Post by Erwinfs(Erwinfs) | Posted on 02 Desember 2019 17:13:25 WIB | Artikel | 35 kali dibaca


Pantai Air Manis

Harian Padang Ekspres edisi 25 November 2019 dalam salah satu halamannya memuat berita dengan judul, “Pengunjung Tak Berkurang”. Kemudian di bawah judul tersebut tertulis, “Sah, Masuk Pantai Air Manis Pakai Brizzi”. 

Pada 23/11/2019 masuk Pantai Air Manis sudah resmi dengan menggunakan Brizzi, uang elektronik dari BRI. Sebelumnya, naik Trans Padang juga sudah diberlakukan dengan menggunakan Brizzi untuk pembayarannya. 

Sebelumnya lagi, masuk objek wisata Benteng Fort de Kock di Bukittinggi juga sudah diberlakukan pembayarannya dengan Brizzi. Selain itu, pembayaran parkir di BIM juga sudah bisa dengan Brizzi dan tunai. 

Kini, semakin banyak pembayaran di tempat wisata atau fasilitas umum menggunakan uang elektronik. Hal ini turut membantu peningkatan inklusi keuangan di satu sisi. Di sisi lain juga semakin meningkatkan pemasukan bagi pemerintah daerah. Karena dengan melakukan pembayaran lewat uang elektronik, uangnya langsung masuk ke rekening pemerintah. 

Berbeda jika pembayarannya dengan uang tunai, tidak langsung masuk ke rekening pemerintah, dan rawan akan kebocoran. Hal ini pernah saya alami sendiri ketika suatu kali masuk ke Pantai Air Manis. Bayar tarifnya ke petugas memang sesuai tarif berlaku. Tetapi karcis yang diberikan tidak sebanyak uang yang dibayarkan. 

Fenomena ini juga dialami oleh pengunjung yang lain. dan diceritakan melalui media sosial. Maka, adanya pembayaran dengan Brizzi ketika masuk ke Pantai Air Manis adalah sebagai upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya ketidakadilan bagi pengunjung dan juga bagi pemasukan daerah. 

Hal positif dengan berlakunya pembayaran menggunakan Brizzi ini, bagi wisatawan dari luar Padang akan lebih nyaman. Karena menggunakan uang elektronik, sehingga tidak perlu menyiapkan uang tunai, serta tidak merasa dibohongi atau diperlakukan tidak adil. 

Saya juga berharap, masyarakat yang selama ini mata pencahariannya terkait dengan Pantai Air Manis bisa memahami pemberlakukan pembayaran masuk Pantai Air Manis dengan Brizzi. Seperti yang diberitakan Padang Ekspres, jumlah pengunjung tidak berkurang. Perkiraan saya justru akan menambah minat wisatawan untuk datang, karena pembayaran yang menggunakan uang elektronik. 

Uang elektronik bagi sebagian wisatawan justru lebih disukai. Karena lebih sederhana dan bisa langsung membayar tanpa perlu menyiapkan uang tunai atau uang pas. Memang aka nada yang terasa menjadi memberatkan ketika harus membeli atau memiliki uang elektronik seperti Brizzi. Tetapi ketika sudah memegang kartu Brizzi, saldo yang ada tidak akan hilang  atau mengalami kedaluwarsa dan bisa digunakan untuk keperluan lain. 

Selain masuk Pantai Air Manis dengan menggunakan kartu Brizzi, kini jalan ke Pantai Air Manis juga sudah bisa melalui jalur yang indah. Yaitu melalui Jembatan Siti Nurbaya dan kemudian melalui jalan di atas bukit yang menyuguhi pemandangan indah. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah tersebut sebelum memasuki Pantai Air Manis. Sehingga memberikan keuntungan ganda bagi wisatawan. 

Semoga hal demikian semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Air Manis, Kota Padang, dan juga Sumbar. Pelayanan yang semakin baik diberikan oleh pemerintah daerah dan para pihak terkait dalam pembangunan pariwisata di Sumbar semoga memiliki pengaruh positif kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (efs)

Referensi: Harian Padang Ekspres 25 November 2019

ilustrasi: freefoto dotcom


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh