Menigkatkan Ekonomi Masyarakat dengan Home Industri


Post by Tenaga Artikel(Yal) | Posted on 02 Desember 2019 10:51:41 WIB | Artikel | 30 kali dibaca



Oleh Yal Aziz

SEBENARNYA, untuk meningkatkan ekonomi rakyat itu tidak pulalah terlalu sulit, asalkan  kita serius membimbingnya. Salah satu caranya dengan kegiatan home industri, sesuai dengan potensi yang ada dsekitar masyarakat tersebut. Misalnya, di kota Padang, Kecamatan Nanggalo yang berpotensi ditanam ubi kayu dan hasilnya dijadikan karipik balado, sebagai cendramata atau ole-ole.

Diakui, untuk mencari pekerjaan di era modern seperti sekarang ini bisa dikatakan sulit atau susah. Kenapa? Karena terjadi persaingan  tidak sehat sesama pelaku ekonomi. Padahal masyarakat bisa melakukan terobosan dengan membuka usaha baru, sesuai potensi yang di daerah tersebut.

Kemudian, dinas kerja atau dinas koperasi, serta dinas sosial bisa berkaloborasi dalam membuat program untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan pola home industri. Tujuan kerja sama ketiga dinas tersebut, jelas kian membuat dana yang tersedia di APBD Kota Padang, untuk ketiga dinas tersebut kalau digabungkan jelas akan lebih besar.

Selanjutnya, hindari program yang tak tepat sasaran. Seperti di keluarahan Belakang Pondok dibuat program pertanian, ya tentu tak sesuai dengan potensi dan kondisi masyarakat yang tinggal diwilayah tersebut. Tegasnya, buatlah program yang sesuai dengan potensi daerahnya.

Yang lebih penting, bimbinglah masyarakat dengan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang sudah maju dan berkembang. Yang jelas, setiap produksi yang dibuat kelompok masyarakat, selain merupakan kebutuan masyarakat, juga punya nilai jual yang tinggi.

Bila perlu, libatkan pakar perguruan tinggi untuk membuat perencanaan dan program yang tepat sasaran atau sesuai dengan potensi daerahnya. Tujuannya agar masyarakat tak hanya dibantu dengan usaha modal, tetapi juga dibantu dengan cara memanfaatkan potensi yang ada di daerah bersangkutan.

Untuk itu, kita berharap kepada anggota dewan yang terhormat, untuk rajin-raji turun ketengah masyarakat, sehingga tahu apa yang menjadi keluhan dan kebutuhan. Sudah it, jika ad program pemerintah yang berpihak epada masyarakat banyak, hendaknya didukung, serta melakukan pengawasan disaat program tersebut berjalan.

Bagaimanapun, keberhasilan anggota dewan duduk disingasana yang dinikmati sekarang ini, juga berkat dukungan masyarakat pemilih. Untuk itu, wajar saja para anggota dewan memikirkan tentang kehidupan mereka, salah satunya dengan program home industri dengan memanfaatkan potensi yang ada disekitar domisili masyarakat tersebut.

Program home industri, selain meningkatkan pereknomian masyarakat, juga sekaligus mengatasi masalah pengangguran. Kini, mari kita bangun ekonomi rakyat dengan memanfaatkan home industri. Semoga. (penulis wartawan tabloidbjak.com dan ketua smsi sumbar).


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh