Yok Berkebun Sayur Dipekarangan Rumah


Post by Tenaga Artikel(Yal) | Posted on 02 Desember 2019 10:50:26 WIB | Artikel | 28 kali dibaca



Oleh Yal Aziz

SEBENARNYA, kita bisa saja memanfaatkan perkarangan rumah untuk berkebun sayur. Bahkan, perkaragan rumah juga bisa dijadikan apotek hidup, dengan cara bercocok tanam yang berkahsiat untuk obat-obatan, seperti  daun serai atau daun kunyit.

Kemudian, dengan memanfaatkan  perkarangan rumah, juga bisa mengatasi biaya kebutuhan pangan. Yang jelas, jika ada keseriusan untuk memanfaatkan perkarangan rumah, so pasti ada langkah atau jalan. 

Sebagai contoh, kita bisa membuat kebun sayur vertikal.  Masudnya adalah bercocok tanam dengan cara memanjang keatas. Beberapa tanaman sayur yang bisa di coba untuk menanam secara vertikal adalah  cabai, tomat, caisim, sawi, pakchoi, terong, bawang dan selada. 

Secara tioritis, alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat kebun sayur sederhana di pekarangan rumah, adalah, tanah, kompos, botol plastik (mineral, susu dan lainnya) dan bibit tanaman yang akan ditanam tersebut. 

Kini tinggal dengan selera dan kemauan kita, apa mau bercocok tanam apotek hidup atau bercocok tanam sayur-sayuran. 

Sebelum memulainya, bersihkan terlebih dahulu perkarangan rumah dan siapkan bibit dan tempat bertanamnya yang dibuat dari botol bekas air mineral atau paralon yang sudah kita lobang ditengahnya. Selanjutnya masukan tanam kedalam botol atau peralon yang sudah kita siapkan tersebut.

Setelah bibit ditanam, pagar tanaman tersebut sesuai dengan kondisinya. Maksudnya, apakah perkarangan rumah kita telah punya pagar atau bagaimana. Yang jelas, setiap tanaman yang telah kita tanam, selain dijaga dari serangan hama, seperti ayam atau kambing, juga sikap usil dari anak-anak disekitar rumah. Yang jelas tanaman yang kita tanam tersebut aman dari ganguan hama, termasuk sikap usil anak-anak.

Setiap hari tanaman tersebut haruslah dijaga atau dirawat dengan cara menyiramnya setiap hari. Sebab, tanaman butuh perawatan. Anggap saja perawatan yang kita lakukan tersebut, sehabis shalat subuh, atau sepulangnya dari pekerjaan sebagai ASN. 

Yang jelas setiap tanaman, butuh perawatan dan perhatian. Masalah teknis, bisa bertanya dengan teman atau tetangga yang juga ikut memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk bercocok tanam. Bahan, bisa juga memperoleh informasi dari dunia maya melalui jaringan internet. Sebab, semua ilmu pengetahuan sudah ada di internet.

Kedepan kita berharap, semua ASN sudah memanfaatkan perkarangan rumahnya dengan berbagai jenis sayur-sayuran atau tanaman obat-obatan. Semoga. (penulis wartawan tabloidbijak.com dan ketua smsi sumbar).


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh