Pentingnya Memakai Helm


Post by Erwinfs(Erwinfs) | Posted on 01 Desember 2019 20:57:16 WIB | Artikel | 129 kali dibaca


Pentingnya Memakai Helm

Laman web Posmetro Padang edisi 25 November 2019 dalam salah satu tulisannya memuat judul berita, “Tabrak Truk Parkir, Pelajar Terkapar”. Peristiwa ini terjadi di siang hari, dan kemungkinan pemotor tersebut tidak memakai helm. Sehingga ketika menabrak langsung terkapar. Kemungkinan lainnya adalah, motor dibawa dengan kecepatan tinggi, sehingga baru tahu jika truk tersebut tidak jalan ketika motor sudah semakin dekat dengan truk dan tidak sempat melakukan pengereman. 

Dari informasi yang saya dapat secara lisan dari seorang pejabat di Dinas Perhubungan, kecelakaan lalu lintas terbanyak di Sumbar adalah kecelakaan motor, waktunya di siang hari, dan kebanyakan pelajar. Jika melihat perilaku sebagian pelajar dalam membawa motor, memang agak mencemaskan. Selain tidak memakai helm, melaju kencang, juga seperti tidak memiliki pengetahuan tentang tertib berlalulintas.

Selain pelajar, juga banyak orang tua yang membawa motor tidak menggunakan helm sambil menggendong anaknya. Tangan kanan memegang gas, tangan kiri memegang anak. Mungkin karena seorang melakukan, kemudian dicontoh oleh yang melihat dan kemudian dicontoh lagi oleh orang lain. Sehingga semakin banyak orang tua yang membawa anak dengan posisi berbahaya. 

Ibu-ibu yang membawa motor, anaknya duduk di depan, dibawa dengan kencang, kurang menyadari jika melakukan pengereman mendadak anaknya bisa menjadi korban karena tanpa mengenakan helm dan posisi ada di depan. 

Begitu banyak para pemotor yang mengendarai motor tanpa menggunakan helm, membawa anak, melaju kencang, tidak tahu tertib lalu lintas. Betapa bahayanya. Padahal helm awalnya dibuat sebagai respon dari akibat seringnya kecelakaan motor  yang menewaskan penggunannya disebabkan benturan kepala tanpa pelindung. Dan hari ini begitu banyak pemotor yang tidak memikirkan keselamatan dirinya. Sehingga tidak memikirkan nasib keluarganya jika terjadi kecelakaan. 

Sebagai umat beragama, sudah seharusnya para pemotor mematuhi tertib berlalu lintas, di antaranya menggunakan helm. Karena agama mengajarkan umatnya untuk hidup aman dengan memperhatikan keselamatan. Negara-negara yang maju dan sedang menuju menjadi negara maju, justru masyarakatnya sangat memperhatikan keselamatan berkendara dan juga tertib berlalu lintas. Sehingga kualitas hidup masyarakat semakin menunjukkan perbaikan. 

Satui hal yang cukup penting untuk menjadi perhatian, bahwa Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut tidak mengubah kondisi yang ada pada diri mereka. Masyarakat negara maju sudah membuktikan, mereka mau mengubah kondisi mereka menjadi lebih maju dengan hidup tertib, mematuhi aturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan berkendara. Semoga kita yang di Indonesia juga bisa mengubah diri kita untuk menjadi lebih baik dalam berlalu lintas. Karena semakin banyak pengendara yang tertib dan mengutamakan keselamatan, akan semakin baik kualitas hidup kita dan bisa meminimalkan kecelakaan lalu lintas. (efs)

 

Referensi: https://posmetropadang.co.id/tabrak-truk-parkir-pelajar-terkapar/

ilustrasi: freefoto dotcom


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh