TINJAU ABRASI TUGU MERPATI, KEPALA BNPB: PERLU SOLUSI PERMANEN


Post by Badan Penanggulangan Bencana Daerah(HERA ARMAN, ST) | Posted on 08 November 2019 16:08:53 WIB | Badan Penanggulangan Bencana Daerah | 82 kali dibaca


TINJAU ABRASI TUGU MERPATI, KEPALA BNPB: PERLU SOLUSI PERMANEN

PADANG (7/11) – Abrasi Pantai terjadi di Pantai Padang. Kali ini mengancam keberadaan Tugu Merpati Perdamaian yang diresmikan oleh Presiden Jokowi Dodo pada tanggal 12 April 2016 di Taman Muaro Lasak Padang. Kepala BNPB Doni Monardo dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit beserta Sekda Prov Sumbar Alwis, kalaksa BPBD Prov Sumbar Erman Rahman, Kepala BWS V Maryadi, Kalaksa BPBD Kab/Kota, Tim TRC dan Para Penggiat Bencana Lainnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo menyebutkan bahwa bencana abrasi di kawasan Tugu Merpati Kota Padang merupakan ancaman yang permanen, untuk itu, solusi yang diperlukan juga harus permanen.

“Abrasi ini merupakan ancaman permanen Jika ancaman permanen, solusinya harus permanen juga,” ujarnya saat meninjau abrasi pantai di kawasan Monumen Merpati Perdamaian di Pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Kamis (7/11).

Menurut Doni, ada pola untuk penanganan abrasi pantai, misalnya dengan memanfaatkan insfrastruktur buatan. Namun, kondisi itu tidak tahan, perlu kombinasi antara insfrastruktur buatan dengan alam.

 “Insfrastruktur alam itu dengan menanam jenis tanaman tertentu, karena dari kunjungan saya ke berapa wilayah pantai yang mengalami abrasi, mereka menanam tanaman cemara udang, mereka tanam dan rawat dan itu sudah terbukti dapat menanggani abrasi tersebut,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyebutkan, abrasi Pantai Padang memang perlu penanganan cepat. Apalagi, pantai itu merupakan objek wisata, semua pihak harus terlibat dalam penangannnya

“Ada beberapa daerah yang dapat terancam abrasi pantai di Sumbar. Setiap daerah mesti membuat perencanaan, seperti instruksi Kepala BNPB dengan penanaman pohon, saya ke Jepang kemarin itu, dari informasi yang didapat, bahwa pohon yang menyelamatkan,” ujarnya.

Sekda Prov Sumbar Alwis menambahkan “Penanganan Abrasi Pantai Harus mensinergikan Infrastruktur dan Alam untuk mengurangi Ancaman tidak bisa salah satu Penanganan Saja. Untuk penanganan Sekda akan menginstruksikan melibatkan instansi teknis terkait” ucapnya.

 Kepala Pelaksana BPBD Erman Rahman menyampaikan akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanggulangan Abrasai Pantai di Tugu Merpati Perdamain dan sepanjang pantai Barat Sumatera “ Kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk  menanggulangi Abrasi di Tugu Merpati Perdamaian dan Juga di sepanjang Pantai Barat Sumatera yang sering mengalami ancaman Abrasi Pantai” Ucap Kepala Pelaksana.

Terpisah Kepala BWS V maryadi menyampaikan akan terus melakukan penanganan darurat dengan menyusun Geobag sementara dan Penanganan permanen di lakukan di 2020.


Berita Terkait :

Belum Ada Berita Terkait

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh