Peran Instansi Statistik untuk Wujudkan Satu Data Indonesia


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 06 November 2019 21:13:54 WIB | Berita Terkini | 164 kali dibaca


Peran Instansi Statistik untuk Wujudkan Satu Data Indonesia

Bukittinggi, Diskominfo SB - Badan Pusat Statsitik (BPS) RI menggelar Sosialisasi Peran dan Fungsi Institusi Statistik Data Indonesia di Grand Royal Denai Bukittinggi, Sumatra Barat, Rabu (6/11/2019).

Kegiatan ini sebagai langkah meningkatkan pemahaman aparatur pengelola data statistik pada pemerintah daerah kabupaten/kota se-Sumatra Barat sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Kepala Biro Keuangan BPS Hanif Yahya menyampaikan bahwa, informasi statistik bersifat terbuka, sebab itu data yang dipublikasikan harus memenuhi kaidah-kaidah yang telah ditentukan.

"Kita harus meningkatkan tata kelola data yang berkualitas. Ini target yang tidak bisa ditawar lagi. Dalam pidato kenegaraan pun Presiden RI Joko Widodo pernah menyatakan data merupakan sumber baru kekayaan bangsa yang lebih berharga dari minyak,” ujar Hanif. 

Untuk mewujudkan data yang andal, efektif, dan efisien diperlukan langkah-langkah, antara lain mengatur dan menetapkan pembagian peran, serta fungsi institusi dalam penyelenggaraan statistik agar setiap produsen mampu menghasilkan data yang baik, berkualitas, serta mudah dimengerti.

“Kita ingin setiap data yang dihasilkan dapat dimanfaatkan secara luas serta mudah dibandingkan. Selain itu kemudahan mendapatkan akses data sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku terjamin,” tambah dia.

Sementara itu narasumber Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatra Barat, Yeflin Luandri menjelaskan materi tentang kelembagaan perangkat daerah urusan statistik.

“Pembentukan dinas tersendiri yang menangani urusan bidang statistik pada tahun 2016 bertujuan untuk memperkuat data dan informasi daerah. Tujuan tersebut belum sepenuhnya tercapai karena pengelolaan statistik di daerah masih mengalami banyak kendala,” jelas Yeflin.

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatangan komitmen bersama antara Kepala BPS dan Kepala Dinas Kominfo kabupaten/kota se-Sumatra Barat untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip Satu Data Indonesia.

Target jangka pendek yang harus dilakukan adalah mendorong berjalannya NSPK, pengenalan standar proses bisnis statistik, serta peningkatan kapasitas SDM supaya mampu menghasilkan serta menerjemahkan data secara tepat. (MMC Diskominfo)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh