Sumatera Barat Warisi Pengetahuan Bencana Melalui Peringatan 10 Tahun Gempa


Post by Badan Penanggulangan Bencana Daerah(HERA ARMAN, ST) | Posted on 01 Oktober 2019 12:55:20 WIB | Badan Penanggulangan Bencana Daerah | 169 kali dibaca


Sumatera Barat Warisi Pengetahuan Bencana Melalui Peringatan 10 Tahun Gempa

Padang (30/9) - Sepuluh tahun lalu, tanggal 30 September 2009, Sumatera Barat di guncang gempa besar berkekuatan 7,6 Skala Richter dengan Pusat Gempa 57 KM di Barat Daya Kota Pariaman pada Kedalaman 71 KM di Patahan Mentawai (Bawah Laut). Gempa menelan Korban Jiwa, mengakibatkan Kerusakan Infrastruktur dan Sarana Prasarana.

Peringatan 10 Tahun Gempa Sumbar 30 September 2009 adalah salah satu upaya mewarisi Pengetahuan Bencana kepada Generasi selanjutnya agar tidak lupa dan meneruskan informasi ini nantinya, sebab gempa terjadi dalam periode yang panjang, bahkan bisa mencapai 100 tahunan. Panjangnya Periode Gempa Bisa membuat generasi selanjutnya lupa dan beresiko besar terdampak Gempa.

Peringatan 10 Tahun Gempa Sumbar dilaksanakan di Hotel Inna Muara Padang, dihadiri oleh lebih 500 undangan dari berbagai Kalangan Masyarakat. Rangkaian acara menghadirkan cerita dari Penyintas yang menceritakan pengalaman ketika Gempa terjadi. Terlihat Para peserta khidmat dalam mengikuti cerita yang di hadirkan penyintas. Cerita yang disampaikan sangat menyentuh dan sekaligus menyadarkan bahwa saat itu Sumatera Barat Belum memiliki pengetahuan tentang Gempa serta masih minim daerah evakusi ketika gempa terjadi.

Selanjutnya rangkaian acara menampilkan Teaterikal Gempa 30 September 2009. Pembukaan Teaterikal menampilkan tentang keindahan Alam Sumatera Barat dan Juga Potensi Bencana yang ada. Selanjutnya Teaterikal mengajak Hadirin untuk Muhasabah diri dan bangkit dalam menghadapi bencana. 

Wakil Gubernur Nasrul Abit dalam sambutannya menyampaikan " Peringatan 10 Tahun Gempa Sumbar 30 September 2009 adalah momentum untuk mengenal kembali Potensi Gempa di daerah kita serta upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi Gempa, di harapkan dengan Momentum ini menyadarkan kita bahwa Pengurangan resiko Bencana adalah tugas kita bersama dan berharap untuk bersinergi mewujudkan Sumbar Tangguh Bencana. Peringatan ini sekaligus di Canangkan Sumbar Tangguh Bencana" Ucap Nasrul Abit.

Pada Peringatan Gempa, Wakil Gubernur Nasrul Abit sekaligus mencanangkan Gerakan "Sumbar Tangguh Bencana".

dikesempatan terpisah kepala Pelaksana Erman Rahman menyampaikan besar harapannya dengan Peringatan Gempa ini menjadi Pengingat kembali untuk Masyarakat Sumatera Barat meningkatkan Kesiapsiagaannya  "Melalui Peringatan 10 Tahun Gempa Sumatera Barat ini di harapkan bisa meningkatkan kesiapsiagaan Bencana seluruh masyarakat di Sumatera Barat dan bersinergi menuju Sumbar Tangguh Bencana" Ucapnya. (HA)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh