Gubernur Sumbar : Dukung Gerakan Mahasiswa Yang Sesuai Dengan Konstitusi


Post by Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(TITA SHANIA) | Posted on 30 September 2019 10:38:33 WIB | Berita Terkini | 66 kali dibaca


Gubernur Sumbar : Dukung Gerakan Mahasiswa Yang Sesuai Dengan Konstitusi

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, bertemu dengan perwakilan mahasiswa pada hari Minggu (29/09). Bertempat di Istana Gubernuran, pertemuan itu terjadi sebagai bentuk silaturahim sekaligus ajang penyampaian aspirasi langsung mahasiswa kepada pimpinan daerah. Gubernur mengatakan, dirinya sangat mendukung gerakan yang dilakukan mahasiswa, sepanjang itu sesuai dengan konstitusi dan tidak dilakukan dengan anarkis, yang jauh dari azaz azaz penyampaian pendapat. 

Gubernur Sumbar juga menyatakan bahwa dalam negara demokrasi, penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh sekelompok orang kepada pemerintah adalah hal yang wajar. Namun, dalam melakukan aksinya, masyarakat khususnya mahasiswa mesti berpegang pada kaidah kaidah yag berlaku serta menghindari provokasi yang dapat berujung anarkis.

Lebih lanjut, Gubernur menambahkan bahwa sebetulnya isu yang diprotes dalam aksi mahasiswa beberapa waktu lalu kurang relevan jika disampaikan kepada pemerintah provinsi Sumbar. Ia mencontohkan, dalam tuntutan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla), hal tersebut merupakan kebijakan provinsi tetangga yakni Riau dan Jambi, dimana di daerah tersebut tercatat ada ratusan titik api sehingga dampak asapnya juga harus dirasakan oleh masyarakat Sumbar. Sedangkan untuk isu pertanian yang juga diprotes oleh mahasiswa dalam aksinya kemarin, Gubernur mengatakan jika itu sepenuhnya menyangkut kebijakan pemerintah pusat.

Kendati begitu, sebagai pimpinan pemerintah daerah, Gubernur mengatakan dirinya tentu merespon aksi yang dilakukan mahasiswa dan akan mengambil tindakan jika itu sesuai dengan kewenangannnya. Gubernur juga tak menampik ada kemungkinan aksi aksi mahasiswa kemarin disusupi oleh pihak pihak yang tak bertanggung jawab. Ia pun menghimbau pada mahasiswa yang hendak melakukan unjuk rasa, agar kedepannya berhati hati dan menghindari provokasi dan benturan di lapangan.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Sumbar didampingi oleh beberapa kepala dinas terkait, sedangkan perwakilan mahasiswa terdiri dari 10 orang dari Unand, UNP, STINND, STIFI dan STAIPIQ Padang. 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh