Pastikan Kondisi Perantau, Wagub Sumbar Terbang ke Wamena


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 29 September 2019 19:35:40 WIB | Berita Terkini | 285 kali dibaca


Pastikan Kondisi Perantau, Wagub Sumbar Terbang ke Wamena

Padang, Diskominfo SB

Mujua Sapanjang Hari, Malang Sakijok Mato, Untuang Ndak Bisa Kito Raiah, Malang Ndak Bisa Kito Tulak (mujur sepanjang hari, malang sekejap mata, nasib baik tidak bisa diraih, malang tidak dapat ditolak).

Seluruh anak negeri seakan dibuat tidak percaya dengan dampak kerusuhan yang terjadi di Bumi Cendrawasih, Papua. Tak terkecuali masyarakat Ranah Minang, Sumatera Barat.

Disamping kerugian materil, setidaknya dilaporkan sembilan orang perantau asal Sumbar menjadi korban meninggal dunia saat meletusnya kerusuhan di Kota Wamena Papua, Senin (23/9/2019) lalu, dan yang membuat semua terhenyak, korban termasuk anak berusia empat tahun.

Menyikapi hal ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat merespon cepat melalui kedatangan Wakil Gubernur Nasrul Abit langsung ke Papua.

Sesampainya di Jayapura, Sabtu (28/9/2019) Wagub langsung menemui Wakapolda Papua, Danrem, pengurus Ikatan Keluarga Minang, serta masyarakat Minang Wamena yang mengungsi ke Sentani Jayapura.

“Alhamdulillah kondisi mulai kondusif, dunsanak perantau di pengungsian juga ditangani dengan sangat baik,” ujar Nasrul.

Setelah berdialog dengan perantau, Wagub meminta agar pengurus IKM segera mendata warga yang berkeinginan pulang ke kampung halaman dan yang berkeinginan tetap tinggal menetap di Papua.

Menurutnya lebih kurang 1.800 orang warga asal Sumatera Barat berada di Kota Wamena, dimana sebagian mulai meninggalkan Wamena menggunakan pesawat Hercules.

“Informasi yang kami terima, mereka sedang antri di Wamena untuk bisa keluar dengan Hercules, kami juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, karena para perantau Minang ini adalah warga Papua, sebagian malahan lahir dan besar disini,” katanya.

Tidak hanya sampai Jayapura, pagi ini Wagub Nasrul juga terbang ke Kota Wamena, mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode ini ingin memastikan langsung kondisi terakhir.

Menurutnya melalui koordinasi dengan seluruh pihak, Pemprov Sumbar akan mengambil langkah yang tepat dan terbaik bagi warga Sumbar, khususnya yang berada di Wamena.

“Melihat senyum warga Sumbar di Papua mempunyai kebahagiaan tersendiri bagi saya, ditengah cobaan yang mereka hadapi beberapa hari kemarin,” ucap Wagub lirih.

Disamping itu Pemprov Sumbar juga menggalang dana untuk membantu pemulangan para perantau Minang, melalui Rekening Bank Nagari 2101.0210.07340-3 atas nama Sumbar Peduli Sesama. ( MMC Diskominfo)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh