Desrio Putra dan Irsyad Syafar Jadi Pimpinan Sementara DPRD Sumbar


Post by Sekretariat DPRD Prov. Sumbar(DENY SURYANI, S.IP) | Posted on 29 Agustus 2019 08:32:33 WIB | Berita Terkini | 128 kali dibaca


Desrio Putra dan Irsyad Syafar Jadi Pimpinan Sementara DPRD Sumbar

Desrio Putra dari Partai Gerindra menjadi Ketua Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat. Sementara Irsyad Syafar dari PKS akan mendampingi sebagai wakil ketua sementara sampai ditetapkan pimpinan definitif.

Penetapan pimpinan sementara itu didasari kepada perolehan kursi dan suara partai politik pada pemilihan umum (pemilu) 2019 lalu. Partai Gerindra mendapatkan kursi terbanyak yaitu sebanyak 14 kursi sementara PKS mendapatkan 10 kursi. 

Penyerahan palu pimpinan berlangsung dalam rapat paripurna peresmian dan pengucapan sumpah anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019 - 2024, Rabu (28/8/2019). Palu pimpinan diserahkan oleh Ketua DPRD periode 2014-2019 Hendra Irwan Rahim disaksikan gubernur dan wakil gubernur. 

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2014-2019 Hendra Irwan Rahim dalam kesempatan itu menyampaikan pesan agar pimpinan dan anggota DPRD yang baru dapat melanjutkan upaya peningkatan kinerja DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah ke arah yang lebih baik. 

"Keberhasilan yang telah dicapai selama ini, hendaknya dapat semakin ditingkatkan sementara kelemahan yang masih ada hendaknya dapat dijadikan lebih baik," pesannya. 

Hendra menyampaikan, salah satu keberhasilan bersama antara DPRD dan pemerintah provinsi yang perlu dipertahankan adalah kinerja anggaran. Selama tujuh tahun berturut-turut, Sumatera Barat berhasil meraih dan mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). 

"Keberhasilan yang dicapai dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi DPRD hendaknya dapat dilanjutkan oleh anggota DPRD periode berikutnya dengan peningkatan ke arah yang semakin baik," ujarnya.

Kepada anggota DPRD periode 2014-2019, dia menyampaikan terima kasih atas pengabdian selama lima tahun. Dimana selama masa jabatannya di periode lalu telah membuahkan berbagai keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan fungsi legislatif. Keberhasilan itu merupakan sebagai sebuah perjuangan dalam rangka pengabdian diri kepada masyarakat yang telah mempercayainya menjadi wakil rakyat. 

Kepada anggota DPRD yang baru, Hendra mengucapkan selamat datang dan selamat menjalankan amanah rakyat. Dia berharap, pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD ke depan akan semakin baik lagi sehingga memberikan kontribusi lebih besar terhadap kesejahteraan masyarakat.  

Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Barat Desrio Putra dalam kesempatan itu menyampaikan, terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat atas kepercayaan yang telah diberikan untuk mewakili di lembaga DPRD. 

"Demikian juga kepada semua pihak, KPU dan Bawaslu, pemerintah provinsi serta sekretariat DPRD yang telah mempersiapkan rangkaian prosesi peresmian pengucapan sumpah anggota DPRD periode 2019 - 2024," ujarnya. 

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014 - 2019 atas pengabdiannya kepada masyarakat. Desrio berjanji akan terus berupaya meningkatkan kinerja lembaga DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsi untuk kepentingan masyarakat. 

Adapun 65 orang anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang akan mengisi masa jabatan periode 2019-2024 berasal dari sembilan partai politik pada delapan daerah pemilihan. Partai politik yang berhasil meraih kursi adalah Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Golkar, PPP, Nasdem, PDIP dan PKB. 

Partai Gerindra mendapatkan 14 kursi, PKS, PAN dan Demokrat masing-masing 10 kursi, Partai Golkar 8 kursi dan PPP 4 kursi. Terakhir, Partai Nasdem, PDIP dan PKB memiliki masing-masing 3 kursi. 

Daerah pemilihan I (Kota Padang) dengan 10 kursi. Anggota DPRD terpilih adalah Desrio Putra, Hidayat dan Evi Yandri (Gerindra). Kemudian Gustami Hidayat dan Rahmat Saleh (PKS). Indra Datuak Rajo Lelo dan Maigus Nasir (PAN), Suwirpen Suib (Demokrat), Alber Hendra Lukman (PDIP) dan Afrizal (Golkar). 

Daerah pemilihan II (Pariaman dan Padang Pariaman), sebanyak tujuh kursi. Calon terpilih adalah Tri Suryadi dan Jempol (Gerindra), H. M. Nurnas (Demokrat), Sitti Izzati Aziz (Golkar). Kemudian Firdaus (PKB), Muhammad Ikhbal (PAN), Muhammad Ridwan (PKS). 

Daerah pemilihan III ( Agam - Bukittinggi) sebanyak delapan kursi. Calon terpilih adalah Ismet Amziz dan Nofrizon (Demokrat), Rinaldi dan Rafdinal (PKS).  Kemudian, Ismunandi Sofyan (Gerindra), Lazuardi Erman (Golkar), Syafril Huda (PPP) dan Andri Warman (PAN). 

Daerah pemilihan IV (Pasaman - Pasaman Barat). Calon terpilih adalah Yunisra Syahiran dan Nasruddin Simanjuntak Gerindra). Kemudian Donizar (PKB), Syamsul Bahri (PDIP), Benny Utama (Golkar), M. Ihpan (PKS), Sawal (PPP), Muzli M Nur (PAN) dan Sabar AS (Demokrat).

Dapil V (Payakumbuh - Limapuluh Kota) memiliki enam kursi. anggota DPRD Provinsi dapil ini adalah Nurkhalis Dt bijo dan Supardi (Gerindra). Kemudian, Safaruddin (Golkar) Irsyad Syafar (PKS), Dodiy Delvy (PAN) dan Darman Sahladi (Demokrat). 

Dapil VI (Padangpanjang-Tanahdatar-Sijunjung-Sawahlunto-Dharmasraya) memiliki 11 kursi. Anggota dewan terpilih adalah Mesra dan Syafaruddin Putra Dt Sungguno (Gerindra). Kemudian Syahrul Furqan dan Yosrizal (PAN), Arkadius Datuak Intan Bano dan Jefri Masrul (Demokrat). Kemudian Rico Alviano (PKB), Leli Arni (PDIP), Hendra Irwan Rahim (Golkar), Taufik Syahrial (Nasdem) dan Budiman Dt Malano Garang (PKS). 

Dapil VII (Kota Solok - Kabupaten Solok - Solok Selatan), dengan alokasi tujuh kursi. Anggota dewan terpilih adalah Mario Syah Johan (Gerindra), Khairunnas (Golkar), Irwan Afriandi (Nasdem), Nurfirmanwansyah (PKS), H. Daswippetra (PPP), Ahmad Rius (PAN) dan Irzal Ilyas Dt Lawik Basa (Demokrat).

Terakhir Dapil VIII memiliki tujuh kursi dengan wilayah Kabupaten Pesisir Selatan dan Kepulauan Mentawai. Calon terpilih adalah Muchlis Yusuf Abit (Gerindra), Zarfi Deson (Golkar), Bakri Bakar (Nasdem), Hamdanus (PKS), Imral Adenansi (PPP), Muhayatul (PAN) dan Ali Tanjung (Demokrat). *Humas.(dprd.sumbarprov.go.id)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh