TOT PPRG bagi SDM Penggerak Prov Sumbar


Post by Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(Fatmawati Sawir) | Posted on 15 Agustus 2019 10:39:16 WIB | Berita Terkini | 54 kali dibaca


TOT PPRG bagi SDM Penggerak Prov Sumbar

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat mengadakan “TOT Penganggaran Responsif Gender (PPRG) bagi Driver PPRG PROV. SUMBAR” pada tanggal 6 s/d 8 Agustus 2019 yang bertempat di hotel Ibis Padang. Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia (rumah tangga, masyarakat dan negara), melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan. 

Dalam percepatan pelaksanaan PUG melalui perencanaan dan penganggaran resonsif gender(PPRG) diperlukan komitmen dan keterlibatan yang lebih besar dari OPD Penggerak yaitu : Bappeda, Bakeuda, 
dan Inspektorat. Adapun yang dihadapi dalam upaya percepatan PUG di daerah  yaitu keterbatasan sumber daya manusia yang memahami PUG, keterbatasan anggaran dan mek anisme pendampingan dan pembinaan oleh pusat dan provinsi serta perobahan momenklatur kelembagaan yang tidak sama. Penerapan PUG dapat dilakukan dengan menggunakan Gender Analysis Pathway (GAP). Hasil analisis gender ini di tuangkan dalam bentuk Gender Budget Statement (GBS) dan diharapkan bahwa pengintegrasian gender ke dalam siklus perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi di tingkat daerah akan membuat pengalokasian sumber daya pembangunan menjadi lebih efektif, akuntabel, dan adil dalam memberikan manfaat kepada perempuan dan laki-laki yg disampaikan oleh Kadis PP&PA Prov. Sumbar (Drs.Besri Rahmad,MM)dalam sambutannya.

Kenyatanya masih banyak Aparat pemerintah kurang memiliki kapasitas analitis untuk mengintegrasikan suatu aspek pengarusutamaan dalam proses rutin perencanaan dan penganggaran. Masih terbatasnya fasilitator yang dapat memberikan pendampingan dan pelatihan PPRG kepada pemerintah daerah menjadi latar belakang perlu dilaksanakannya Training of Trainer (ToT) PPRG. Maksud diselenggarakannya kegiatan TOT PPRG bagi Driver PPRG Prov. Sumbar adalah menyediakan fasilitator PPRG di sumbar yang handal dalam Perencanaan Dan Penganggaran Responsif Gender. (by Fatmawaty Sawir-DPPPA Prov.Sumbar)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh