Wakil Gubernur Sumbar Buka Jambore PRB ke – 6


Post by Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(TITA SHANIA) | Posted on 23 Juli 2019 08:06:38 WIB | Berita Terkini | 188 kali dibaca


Selasa (23/07) Juli 2019, dilaksanakan  Pembukaan Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB) ke - 6, di Mapadegat, Desa Tuapejat, Kec. Sipora Utara, Kab. Kep. Mentawai. Jambore dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan dihadiri sekitar 500 orang diantaranya, Kortanius Sabeleake (Wakil Bupati Kep. Mentawai), Forkompinda Kab. Kep. Mentawai, Kepala OPD, Martinus Dahlan (Sekretaris Daerah Kab. Kep. Mentawai), Eki Budman (Ketua KPU Kab. Kep. Mentawai), Perius (Ketua Bawaslu Kab. Kep. Mentawai), Kepala BPBD se Sumatera Barat dan Peserta Jambore lainnya.

Dalam arahannya, Wakil Gubernur Sumbar mengatakan PRB ke 6 ini dilaksanakan di Mentawai karena pada tahun 2018 lalu, Tim PRB Kep.  Mentawai memperoleh Juara Umum saat Jambore PRN ke – 5 di Sijunjung. Dengan dielenggarakannya kegiatan ini di Mentawai, diharapkan agar keindahan panorama dan potensi pariwisata Kep. Mentawai semakin terekspos ke luar daerah dan memberikan kesan tersendiri bagi peserta yang berdatangan dari berbagai daerah.

Terkait dengan pengurangan resiko bencana, Wakil Gubernur mengatakan bahwa bencana alam terjadi lebih banyak disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bisa menjaga lingkungan dan merusak Alam. Beliau menghimbau agar semua pihak ikut andil dalam menjaga lingkungan dan melestarikan alam sehingga mengurangi resiko terjadinya bencana.

Jambore PRB ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat lebih siaga, tangguh, dan inklusif dalam menghadapi bencana alam. Khususnya di Kep. Mentawai, yang masih berpotensi melahirkan bencana gempa dan tsunami yang bisa hingga ke daratan Sumatera terutama Sumatera Barat, atau Kabulaten/Kota dipinggiran pesisir pantai Sumatera Barat. Dengan kata lain, jika terjadi Bencana Alam di Kab. Kep. Mentawai maka itu akan menjadi bencana bagi Sumatera Barat.

Oleh karena itu masyarakat Sumatera Barat harus siaga dan tangguh dalam menghadapi bencana alam, apalagi di Sumatera Barat bencana Alam yang terjadi tidak hanya Tsunami, masih ada ancaman tanah longsor, gunung meletus, banjir bandang, dan kebakaranWakil Gubernur mengharapkan peserta Jambore PRB agar saling berbagi pengetahuan dalam PRB.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kep. Mentawai, Kortanius Sabeleake              mengatakan Tentunya masing-masing Kabupaten/Kota mempunyai teknik tersendiri dalam mengurangi resiko bencana yang disesuaikan dengan kondisi wilayah, oleh karena itu peserta Jambore PRB ke-6 bisa saling berbagi pengalaman sehingga ada nilai tambah bagi setiap peserta PRB untuk bisa dimanfaatkan didaerah masing-masing.

Dengan adanya Jombore PRB ke – 6 di Kab. Kep. Mentawai bisa menghasilkan kekompakan bagi Kabupaten/Kota se Sumatera Barat dalam menghadapi bencana alam. Peserta Jambore PRB juga bisa memetakan seluruh wilayah Provinsi Sumatera Barat dan menghitung waktu tercepat untuk bisa menempuh suatu daerah jika terjadi bencana alam.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh