INOVASI MERUPAKAN HAL YANG PENTING DALAM MEMAJUKAN KELURAHAN


Post by Badan Pemberdayaan Masyarakat(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 12 Juni 2019 15:34:26 WIB | Berita Terkini | 119 kali dibaca


INOVASI MERUPAKAN HAL YANG PENTING DALAM MEMAJUKAN KELURAHAN

 

BUKITTINGGI 12/6/2019. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM  dalam sambutannya ketika memberikan pengarahan pada acara Penilaian Kelurahan Berprestasi Tahun 2019 di Kelurahan Manggih Gantiang, llebihlanjutm beliau mengatakan bahwa "penekanan penilaian adalah pada kualitas penyelenggaraan Pemerintahan Kelurahan serta Inovasi pada Bidang Pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan."

Selanjutnya mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini menjelaskan bahwa Penyelenggaraan Pemerintahan merupakan komponen utama dalam upaya meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Penyelenggaraan Pemerintahan yang profesional dalam tata kelola pemerintahan yang baik akan mewujudkan Nawacita pertama  yaitu menghadirkan negara di tengah masyarakat. Begitu pula dengan bidang Kewilayahan Kelurahan demi terwujudnya Kelurahan yang mandiri, maju dan sejahtera pula.

Mantan Kepala Biro Pemerintahan Setda Prov. Sumbar ini juga mengatakan bahwa "inovasi mendapat bobot yang lebih besar dalam lomba tahun ini, yang  bertujuan dengan inovasi kelurahan akan maju dan mandiri diseluruh aspek, kelurahan yang juara akan dapat menjadi contoh atau model dan sekaligus bisa diadopsi serta dimodifikasi oleh kelurahan lainnya, tanpa adanya inovasi sulit mengatakan suatu Kelurahan maju dan sejahtera, demikian beliau menutup arahannya.

Sebelumnya Wakil Walikota Bukitinggi Irwandi. SH memperkenalkan kondisi dan keberhasilan Kelurahan Ganting Manggis Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi, diantaranya bahwa Kelurahan ini sering mendapat juara dalam bidang kemasyarakatan dan pelayanan, sedangkan Inovasi yang ada disini antara lain Sistem informasi Arsip Daerah Kota Bukitinggi, Kelompok Tani yang bergerak dalam bidang penjualan dan pembelian gabah masyarakat, sehingga pasca panen harga tetap stabil. Pengolahan Sampah menjadi Papan Bunga dari daur ulang sampah sehingga sampah dapat menjadi bernilai ekonomi, pengolahan sampah menjadi kompos, penjualan bibit tanaman hias, serta kerajinan bordir, pemanfaatan Informasi Tekhnologi, dan dulunya cemilan keripik sanjai berasal dari Kelurahan Manggis Gantiang.

Lebih lanjut Wakil Walikota mengatakan lagi bahwa untuk pemberdayaan masyarakat khususnya Rumah Tangga yaitu "Sekolah Keluarga" yang diajarkan khusus tentang moralitas dan akidah (agama) yang disebut juga dengan integritas program dan sebagai narasumber dari seluruh OPD dan dari pihak Kepolisian. Tujuannya bagaimana menciptakan keluarga Sakinah Mawaddah Waraahmah, jauhi LGBT, NARKOBA dan juga masalah peningkatan ekonomi keluarga, semuanya ini dikelola oleh TP-PKK Kelurahan.

Aspek yang dinilai adalah bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang perekonomian masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, bidang pembangunan PKK, dan bidang Kelembagaan dan partisipasi masyarakat. Dengan anggota Tim Penilai terdiri dari Drs. H. Syafrizal. MM, Azwar. SE. MSi, Firmanto. SIP,  dan Ir.  Effi Zulfia Naros, dari DPMD Sumbar, Drs. H. Rusdi Lubis. MSi dari unsur Pamong Senior, Ogi Yuanda. SIP. MH, dari Biro Pemerintahan, Ratmil. S. Sos, dari. Dinas Pendidikan, Hafrizal. SKM. M. kes, dari Dinas Kesehatan, Firdaus. SH dari Kesbangpol, Darmansyah Siroen. SH dari LPM,  dan Hj. Fatmawati. SH dari TP-PKK Sumbar. Demikian dilaporkan dari Bukittinggi.  (by. Akral)

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh