SMART VILLAGE INOVASI DESA YANG DIUNGGULKAN DI KOTA PARIAMAN


Post by Badan Pemberdayaan Masyarakat(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 12 Juni 2019 15:28:57 WIB | Berita Terkini | 56 kali dibaca


SMART VILLAGE INOVASI DESA YANG DIUNGGULKAN DI KOTA PARIAMAN

 

PARIAMAN, 11/6/2019, Lomba Desa dan Nagari Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat  kembali digelar, untuk penilaian perdana adalah Desa Sikabu Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, yang dinilai oleh Tim dari Provinsi Sumatera dengan ketua Tim dimpimpin langsung poleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kabid Pemerintahan Desa/Nagari Azwar. SE. MSi mengatakan bahwa dasar pelaksanaan lomba ini antara lain adalah: Permendagri No. 81 tahun 2015 tentang evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, dan petunjuk pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2019 yang diterbitkan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, serta Keputusan Gubernur Sumbar No. 414.3-330-2019 tentang Pembentukan Tim Penilai Perlombaan Nagari dan Kelurahan Berprestasi.
Ketua Tim menyampaikan bahwa Titik berat penilaian lomba Desa tahun ini adalah kualitas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa/Nagari dan Kelurahan serta Inovasi pada bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Karena tiga aspek ini merupakan komponen utama dalam upaya meningkatkan kemadirian dan kesejahteraan masyarakat, dan profesional tata kelola pemerintahan yang baik dan mewujudkan Nawacita pertama yaitu menghadirkan Negara di tengah masyarakat. Disamping itu Inovasi mendapatkan bobot yang lebih besar pada penilaian Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan tahun ini, karena hakekatnya adalah untuk memotivasi Desa/Nagari dan Kelurahan untuk semakin maju, mandiri dan sejahtera melalui Inovasi yang dihasilkan. Inovasi yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi contoh/model sekaligus menginspirasi dan diadopsi oleh Desa/Nagari dan Kelurahan lainnya.

Sebelumnya Walikota Pariaman DR.  Genius Umar. S. Sos. MSi dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kota Pariaman dari tahun ke tahun selalu berbenah, baik dalam pembangunan fisik maupun tata kelola pemerintahan. Khusus pelaksana pemerintahan Desa, inovasi selalu dikembangkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, seperti Inovasi yang ada di Desa Sikabu ini, yaitu adanya SMART VILLAGE,  dimana setiap kantor Desa dilengkapi dengan Perpustakaan Desa yang dilengkapi pula dengan WI-FI, hal ini dilaksanakan agar masyarakat dapat mengakses dunia luar melalui Informasi Teknologi, terutama dalam memasarkan produk-produk lokal khususnya kuliner dan sulaman/bordir, disamping itu membantu pula bagi anak sekolah untuk mendapatkan tugas-tugas sekolah dan informasi lainnya. Inovasi lainnya adalah pengelola makanan yang berbahan talas, dan ini merupakan yang sedang dikembangkan dan sangat diminati oleh perantau dan masyarakat luar kota Pariaman. Khusus di Desa Sikabu sudah ada Peraturan Desa tentang Pemberantasan NARKOBA. Pemerintah Kota juga memanfaatkan kearifan lokal dalam membangun Desa,  seperti mengaktifkan Dubalang Desa untuk keamanan Desa dan Parakai Desa untuk kebersihan Kota. Untuk membantu Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, di setiap Desa diadakan jabatan Staf Ahli Kepala Desa. Di Kota Pariaman melalui kebijakan Walikota, apabila jabatan Kepala Desa ada yang kosong maka sebagai Penjabat Kepala Desa diisi oleh Pejabat Esselon II, dan Esselon III,  hal ini dilaksanakan agar pejabat Esselon II dan III dapat menata Pemerintahan Desa dengan baik sekaligus mengukur kemampuan pejabat tersebut. Desa Sikabu merupakan Desa yang cukup banyak melahirkan Inovasi tahun ini demikian Walikota menutup sambutanya.

Disamping itu aspek yang dinilai adalah Bidang Pemerintahan, kewilayahan, pendidikan, kesehatan, perekonomian dan pemberantasan kemiskinan masyarakat, bidang kelembagaan dan partisipasi masyarakat serta tim Penggerak PKK. Untuk memberikan penilain terhadap aspek ini maka Tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat antara lain terdiri dari Drs. H. Syafrizal. MM sebagai penanggungjawab. Drs. H. Rusfi Lubis. MSi dari unsur Pamong Senior, Azwar. SE. MSi, Firmanto, SIP, Ir. Effi Zulfia Naros, DPMD, Yuanda Ogi. SIP. MH, biro Pemerintahan, Darmansyah Siroen. SH. LPM Sumbar, Ratmil. S. Sos, Dinas Pendidikan, Hafrizal. SKM, mkes,  Dinas Kesehatan, Firdaus. SH, Kesbangpol,  dan Hj. Fatmawati. SH. TP-PKK Sumbar.

Pembukaan ini juga dihadiri oleh Tim FORKOPIMDA Kota Pariaman, beberapa kepala OPD, Camat se Kota Pariaman, beberapa tokoh masyarakat seperti ninik mamak, cadiak pandai dan alim ulama,para perantau dan masyarakat Desa Sikabu. Demikian dilaporkan dari kota Pariaman. (by. Akral)

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh