Bahas Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemprov Sumbar Kunjungi Kalsel


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 24 April 2019 10:37:19 WIB | Berita Terkini | 369 kali dibaca


Bahas Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemprov Sumbar Kunjungi Kalsel

Banjarmasin, InfoPublik - Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi SPBE, Pemprov Sumbar melalui Diskominfo telah menginisiasi lahirnya Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 20 Tahun 2018 tentang Implementasi Penggunaan SPBE.

Demikian disampaikan Ketua Komisi I, Afrizal di Aula Kantor Gubenur Kalsel saat kunjungan kerja DPRD Sumbar ke Pemprov Kalimantan Selatan, Selasa (23/4) pagi.

“Perda ini merupakan peraturan daerah pertama di Indonesia yang mengatur tentang sistem tata kelola yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi dan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pada instansi pemerintahan,” jelas Afrizal.

Dia menjelaskan, SPBE tidak terlepas dari proses keterpaduan dari seluruh sistem yang digunakan bersama oleh institusi pemerintah, oleh karena itu perlu dibentuk tim koordinasi yang dikoordinir oleh sekretaris daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Yeflin Luandri menambahkan, dalam proses pelaksanaan SPBE, difokuskan pada tiga domain utama yang menentukan keberhasilan pelaksanaannya yaitu domain tatakelola, layanan dan kebijakan.

“Saat ini Diskomfo Sumbar telah mulai menerapkan beberapa implementasi dari SPBE, seperti Simaya, pemakaian absen online via android bagi pegawai dan aplikasi SPJ online,” jelasnya.

Yeflin mengharapkan, melalui pertemuan ini terjalin komunikasi dan tukar pikiran antara Diskominfo Kalsel dengan Sumbar untuk pengembangan SPBE kedepannya.

“Disamping itu, kita harapkan terjalin kerjasama (join program) dan sharring kegiatan yang akan bermanfaat bagi kedua belah pihak,” pungkas Yeflin.

Sementara itu Gubernur Kalsel yang diwakili Asisten Pemerintahan, Siswasyah mengaku senang dengan kunjungan kerja dari Pemprov Sumbar ini. Dia juga berharap ada tindak lanjut setelah pertemuan ini khususnya di bidang SPBE.

“Selamat datang di Bumi Lambung Mangkurat. Setelah pertemuan, rombongan Sumbar bisa menikmati objek wisata dan kuliner khas kami,” promosinya.

Selain seluruh Anggota Komisi I, tampak mendampingi Asisten Pemerintahan Setda Sumbar, Devi Kurnia, Kepala Biro Rantau serta Diskominfo Sumbar. (NY/YR/EK/MMC Diskominfo)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh