Sumbar Siap Laksanakan Pemilu Serentak 2019


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 12 April 2019 09:32:29 WIB | Berita Terkini | 386 kali dibaca


Sumbar Siap Laksanakan Pemilu Serentak 2019

Padang, InfoPublik - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit melaporkan persiapan pemilu serentak 2019 di Ranah Minang melalui video conference (vidcon) dengan Kemendagri yang dilaksanakan di Ruang Vidcon Gedung Bagonjong Kantor Gubernur, Rabu (10/4/2019) pagi.

Dalam laporannya wagub mengatakan, bahwa Sumatera Barat siap untuk melaksanakan pemilu serentak secara damai, kondusif dan aman.

"Jumlah daerah pemilihan sebanyak 79, dengan Daftar Calon Tetap (DCT) 8.579 orang, dan keterwakilan perempuan 37,72%. Untuk TPS ada 16.719 yang tersebar di 19 kabupaten/kota, 179 kecamatan dan 1.158 desa/kelurahan/nagari serta dibantu petugas linmas sebanyak 33.436 orang," papar wagub.

Nasrul Abit menambahkan, untuk permasalahan yang ditemui saat ini, masih adanya pemasangan alat peraga kampanye ditempat yang dilarang atau tidak sesuai dengan zonasi ditetapkan. Selain itu, belum semua pemilih terutama pemilih pemula yang melakukan perekaman e-KTP.

"Selain itu, juga terdapat 3 (tiga) orang Warga Negara Asing (WNA) masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun berdasarkan evaluasi ketiga WNA tersebut telah dicoret dari DPT," jelasnya.

Demi suksesnya penyelenggaraan pemilu di Sumbar, pemerintah daerah telah mengeluarkan kebijakan seperti membentuk tim koordinasi dan pemantauan pemilu, melaksanakan pendidikan politik masyarakat dalam bentuk dialog politik bersama pimpinan parpol, ormas dan tokoh masyarakat.

"Kita juga mengeluarkan edaran Gubernur Sumbar berkaitan dengan pembentukan tim perkembangan politik di daerah, fasilitas zonasi pemasangan alat peraga kampanye dan himbauan sosialisasi Pemilu serentak tahun 2019.

Pejabat dari pusat yang hadir pada saat vidcon yaitu Dirjen Polpum, Dirjen Bina Adwil, Dirjen Dukcapil, Kapusdatin dan pejabat eselon 2 di lingkungan Kemendagri. Sedangkan dari Sumatra Barat, selain Wagub Nasrul Abit tampak juga tampak Forkompinda, Ketua KPU Sumbar, Ketua Bawaslu Sumbar, dan beberapa kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar.

Setelah pelaksanaan video conference, Kadis Kominfo Sumbar, Yeflin Luandri mengatakan, perangkat vidcon secara teknis tidak ada masalah dan koneksi dengan pusat berjalan lancar tanpa ada gangguan. (SV/WPH/MMC Diskominfo)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh