GUBERNUR: JADIKAN HSP KE 85 UNTUK ‘’ MEWUJUDKAN PEMUDA YANG SANTUN, CERDAS , INSPIRATIF DAN BERPRESTASI ‘’.


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 30 Oktober 2013 06:24:00 WIB | Berita Terkini | 1737 kali dibaca


  PADANG,…Inti yang terkandung dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ( HSP ) ke 85 yang jatuh tahun ini, Secara kusus momentumnya diarahkan untuk menjadi tonggak pembangunan Karakter Bangsa yang di digambarkan dengan mengangkat tema ‘’ Mewujudkan Pemuda Yang Santun, Cerdas, Inspiratif dan Berprestasi ’’.

Kutipan ini disampaikan Inspektur Upacara Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, pada upacara bendera peringatan HSP 28 Oktober 2013, di halaman Kantor Gubernur jalan Sudirman Padang. Hadir pada upacara itu semua unsur pimpinan, Muspida, SKPD dilingkungan Pemprov Sumbar, KNPI, OKP, ORMAS dan lain- lain.

Dalam pidatonya secara utuh Gubernur menyampaikan, Peringatan HSP merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia yang dipelopori anak- anak muda pada jamannya. Sumpah Pemuda merupakan momentum yang telah membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme ditengah- tengah hegemoni kolonialisme penjajah. Momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan direaktualisasikan agar semangat yang terkandung didalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa ini untuk menggapai kejayaan bangsa dimasa depan agar dapat hidup sejajar dengan bangsa- bangsa lain.

Lebih lanjut Gubernur menyatakan, Dari tema yang diangkat pada HSP 85 ini: “ Mewujudkan Pemuda Yang Santun, Cerdas, Inspiratif dan Berprestasi “ secara khusus mengandung pesan bahwa saat ini kita mmerlukan figur- figur pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi. Pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti, berakhlak mulia, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta peduli terhadap sesama. Pemuda Indonesia dituntut santun dalam perkataan, pikiran dan perbuatan. Pemuda yang cerdas adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreatifitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan dihadapinya, yang memiliki kompentensi sehingga akan mampu bertahan dan akan unggul dalam menghadapi persaingan Global.

Gubernur juga menjelaskan, Pemuda yang Inspiratif adalah pemuda yang mampu memberikan inspirasi bagi pembangunan bangsanya, inspirasi bagi perobahan dan inspirasi dalam mengembangkan generasi yang unggul dan berdaya saing. Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang senantiasa berorientasi pada kejayaan, keunggulan dan kegemilangan masa depan. Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang tidak mudah menyerah, bertanggungjawab dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakatnya dan untuk bangsanya.

Seterusnya Gubernur Irwan Prayitno menekankan, Upaya untuk mewujudkan pemuda Indonesia yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi haruslah dijadikan sebagai komitmen kolektif bangsa ini manifestasi dari semangat dan jiwa Sumpah Pemuda. Melalui Peringatan HSP tahun ini, kita berharap agar bangsa ini kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai- nilai Sumpah Pemuda yang telah di ikrarkan oleh para pemuda dari berbagai suku, agama, dan latar belakang kebudayaan yang sangat plural dari seluruh Indonesia. Semoga bangsa Indonesia dapat memetik hikmah yang terkandung dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ini,’’ kata Irwan Prayitno mengakhiri pidatonya.

Sementara disela- sela usai pelaksanaan upacara, Perwira upacara Ketua DPD KNPI Sumbar Adib Alfikri,SE,M.Si, menghimbau, agar Hari Sumpah Pemuda ke 85 ini, tidak sekedar dimperingati saja, tetapi harus mengahyatinya sebagai jiwa pemersatu bangsa dan direalisasikan dengan bentuk perbuatan yang mengarah pada satu tujuan yaitu kejayaan NKRI.

“ Kita berharap agar Hari Sumpah Pemuda tetap dijadikan pedoman penting bagi bangsa, terutama dalam menghadapi masalah yang ditimbulkan oleh kesukuan, adat, agama atau politik yang sering berakhir dengan perpecahan, dan alangkah baiknya juga HSP kita jadikan momentum untuk membangun bangsa kearah yang lebih jaya lagi,’’ tutur Adib Alfikri. ( MUL/ HEN )


Berita Terkait :

Belum Ada Berita Terkait

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh