Pemkab Mentawai Rancang 20 Program Prioritas Tahun 2020


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 15 Maret 2019 10:45:52 WIB | Berita Terkini | 119 kali dibaca


Pemkab Mentawai Rancang 20 Program Prioritas Tahun 2020

Mentawai, InfoPublik - Dalam rangka sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah yang holistik, tematik spasial dan integratif, Pemkab Mentawai melalui Bappeda melaksanakan kegiatan Forum OPD.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menekankan, bahwa Forum OPD ini sangat penting guna melakukan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai dasar pertimbangan penyusunan rencana kerja perangkat daerah tahun 2020.

Dalam hal ini bertujuan apa yang direncanakan tidak hanya sekadar bersifat output melainkan langsung bermanfaat (outcome) dan berdampak (impact) bagi kesejahteraan masyarakat Mentawai. 

"Prinsipnya, forum OPD ini sebagai wadah bagi seluruh perangkat daerah dan seluruh camat dalam menyingkronkan program kegiatan yang akan di laksanakan tahun 2020,” kata Yudas Sabaggalet di Aula Bappedda Tuapejat, Rabu (13/3).

Kepala Bappeda Mentawai Naslindo Sirait mengatakan, forum OPD merupakan tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2020.

RKPD yang akan dilaksanakan tahun 2020 itu meliputi 20 program prioritas pembangunan, yaitu Program Wajib Belajar 9 Tahun, Pendidikan Inklusif, Program Kesehatan Lingkungan dan Keluarga, Percepatan Trans Mentawai.

Serta, Pengembangan dan Penataan Kepariwisataan, Kesiapsiagaan dan Pengurangan Risiko Bencana, Pengembangan Kawasan Perdesaan, Penyediaan Air Baku dan Air Bersih, Percepatan Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan untuk Konektivitas antar Wilayah.

Berikutnya, Pengembangan Sistem berbasis IT, Bantuan Stimulan MBR dan Rehab RTLH, Relokasi Kawasan Kumuh dan Revitalisasi Rumah Adat Tradisional, Pembangunan Sistem Drainase Terpadu, Pengelolaan Limbah, Pembangunan Pengolahan Sampah (3R)

Serta, Perencanaan Ruang Terbuka Hijau Perkotaan, Ketahanan Pangan dan Pengolahan Hasil Pertanian dan Peternakan, Pembinaan UMKM dan Enterprenuer, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Pengembangan Produk Unggulan Desa.

Pada kegiatan Forum OPD Tahun 2020, juga didiskusikan secara detail pembangunan pariwisata yang terintegrasi dan penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi. Untuk pembangunan pariwisata yang terintegrasi tahun 2020 itu difokuskan pada dua lokasi, yaitu Mapadegat, Madobag.

Melalui pembangunan lintas sektoral melibatkan Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Pertanian, Dinas, Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Koperindag, Dinas Parpora, Dinas Kominfo, Dinas, Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

Begitu juga dengan Integrasi penanggulangan kemiskinan melibatkan lintas sektoral meliputi Dinas PMPTSP, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas, Koperindag, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan Dinas PMDP2KB, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, tuturnya.

Hasil forum OPD ini, tegas Naslindo, menjadi dasar bagi perangkat daerah dalam menyusun Rencana Kerja Perangkat Daerah untuk Tahun 2020. Pembangunan yang terintegritas menjadi strategi perencanaan pembangunan yang diyakini tepat dalam mengatasi dan mengurai permasalahaan pokok pembangunan daerah. (Rahmi Yashinta/PM/MMC Diskominfo/toeb)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh