Lemhannas RI Fasilitasi Beasiswa S2 Untuk ASN, TNI, Polri Sumbar


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 15 Maret 2019 10:41:37 WIB | Berita Terkini | 95 kali dibaca


Lemhannas RI Fasilitasi Beasiswa S2 Untuk ASN, TNI, Polri Sumbar

Padang, InfoPublik - Dengan banyaknya generasi muda sebagai kader calon pemimpin bangsa, Alumni Strata 2 (S2) Ketahanan Nasional yang telah dibekali ilmu tentang Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional, diharapkan dapat menjadi agen perubahan.

Sekaligus ujung tombak pemerintah dalam menyebarluaskan dan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh kepada seluruh komponen masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Kerjasama dan Hukum Lembaga Ketahanan Nasional RI, Laksamana Pertama Budi Setiawan, ST ketika membuka Sosialisasi Pendidikan Program Pascasarjana Ketahanan Nasional Lemhannas Inter Universities Network (L-IUN) Tahun 2019 bertempat, di Axana Hotel Padang, Kamis (14/3/2019).


Sosialisasi Program S2 Lemhannas ini dimaksudkan untuk menginformasikan dan menarik minat para calon peserta dari ASN dan TNI /Polri sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, khususnya di Provinsi Sumatera Barat.

"Selain itu kegiatan ini diharapkan menjadi dorongan bagi para calon peserta yang ingin mengembangkan potensi diri dan kemampuan di bidang akademik, melalui jenjang program Magister S2 Lemhannas yang bekerjasama dengan Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta, melalui Program Pendidikan Reguler Angkatan dan Program Pendidikan Singkat Angkatan," ujar Budi.
 
Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbang Pol Nazwir, SH M. Hum mengapresiasi terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini. Dalam pesannya, gubernur berharap agar terjadi peningkatan sumber daya manusia aparatur terus menerus dan berkelanjutan, baik melalui jenjang pendidikan non formal maupun formal.

Untuk Kabupaten dan Kota, kepala daerahnya diminta memberikan respon dan tindak-lanjut dari program ini dengan menjadikan salah satu prioritas dalam program peningkatan sumber daya manusia aparatur di instansi atau OPD masing-masing.

Sedangkan narasumber Prof. Dr. Dadan Umar Daihani, DEA dari Lemhannas, menyampaikan, bahwa penting sekali mempelajari ketahanan nasional dalam menghadapi persoalan-persoalan ketahanan nasional yang terjadi di Indonesia seperti cyber security dan geo politik.

"Jangan sampai Indonesia dijadikan sasaran oleh pihak luar dengan metode geo politik. karena bercermin dari kasus yang terjadi di Cekoslowakia yang terpisah karena geo politik dari negara lain," katanya.

Dadan mengimbau kepada ASN, TNI dan Polri agar meningkatkan pengetahuan di bidang ketahanan nasional, sehingga isu-isu yang bersifat memecah belah negara kesatuan RI bisa ditangkal dengan adanya pengetahuan tentang ketahanan nasional.

Peserta sosialisasi pendidikan Program Pascasarjana S2 Lemhannas ini berasal dari Polda Sumbar, Korem 032 Wirabraja, Lantamal, Pangkalan Udara Sutan Syahrir Padang, Bupati/Walikota, Kepala OPD lingkup Pemprov Sumatera Barat. (Rina YH/MMC Diskominfo/toeb)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh