Sekda Pessel : Pertahankan Prestasi Keterbukaan Informasi Publik


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 15 Maret 2019 10:32:11 WIB | Berita Terkini | 236 kali dibaca


Sekda Pessel : Pertahankan Prestasi Keterbukaan Informasi Publik

Painan, InfoPublik -  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi, serta Publikasi melalui Media Online di Ruang Rapat Saga Muni Hotel, Sago Painan, Selasa (12/3).

Kegiatan ini dalam rangka peningkatan pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi, serta meningkatkan publikasi melalui website perangkat daerah.

Sekretaris Daerah Pessel Erizon dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan, Kehadiran Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) telah menerapkan prinsip untuk membuka seluas-luasnya akses informasi publik bagi masyarakat dengan pengecualian terbatas.

"Dengan kata lain Undang-Undang KIP mendorong pemerintahan baik pusat maupun daerah untuk menjadi pemerintahan yang transparan, partisipatif dan akuntabel," ujar Erizon.

Dia menjelaskan, dengan adanya Undang-Undang KIP ini, perangkat daerah sebagai badan publik berkewajiban untuk mempublikasi informasi dan kebijakan pemerintah, sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku kepada publik, menampung dan mengolah kebutuhan masyarakat akan informasi publik serta membangun kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah.

"Saat ini, Pessel telah memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ditetapkan melalui Surat Keputusan bupati serta telah didukung dengan aplikasi dan jaringan yang terintegrasi," tambahnya.

Disebutkan, pada 2018 Daftar Informasi Publik (DIP) Pessel berjumlah lebih kurang 3.800 dokumen. "Dokumen informasi publik inilah tolok ukur dalam mewujudkan keterbukaan pada sebuah badan publik," katanya.

Pencapaian dokumen yang luar biasa ini, lanjutnya, membuat PPID Pessel meraih prestasi sebagai PPID Utama Terbaik dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatra Barat akhir 2018 lalu.

"Untuk itu, melalui Bimtek ini kepala daerah meminta agar kita dapat mempertahankan prestasi dan mempersiapkan diri dalam Pemeringkatan Tingkat Nasional dengan terus (membarui, red) dokumen informasi publik, meningkatkan pelayanan permohonan informasi publik, dan mengoptimalkan pemanfaatan website dan media sosial dalam penyampaian informasi," harap Erizal.

Bimtek ini diikuti seluruh OPD, kecamatan dan nagari yang ada di Pessel dengan menghadirkan dua narasumber yaitu; Ketua Komisi Informasi Sumbar dan Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sumbar. (Shio/MMC Diskominfo)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh