Koordinasi dan Sinergitas, Kunci Sukses Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Daerah


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 14 Maret 2019 10:46:49 WIB | Berita Terkini | 102 kali dibaca


Koordinasi dan Sinergitas, Kunci Sukses Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Daerah

 

Pariaman, Info Publik - Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral kabupaten/kota di Sumatera Barat, Tim Pembina Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan dan visitasi ke Diskominfo Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (13/3/2019).


Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika, Oni Fajar Syahdi, MMA selaku ketua tim menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan statitstik sektoral diperlukan koordinasi dan sinergitas yang baik antara walidata dan produsen data maupun dengan pemangku kepentingan lainnya dalam bidang statistik.

“Dalam penyelenggaraan statistik sektoral di daerah, pasti melibatkan banyak instansi dan institusi dari berbagai sektor. Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai walidata berkewajiban mengkoordinir pengumpulan, melakukan verifikasi serta validasi data. Untuk itu diperlukan koordinasi secara intens antara walidata dengan produsen data sehingga tercipta sinergitas antara satu dengan yang lainnya,” ujar Oni.

Dia menambahkan, koordinasi dan sinergitas juga perlu dibangun antara walidata dengan pemangku kepentingan statistik lainnya seperti Bappeda maupun Badan Pusat Statistik daerah.

"Hal ini terkait dengan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah, dimana elemen data didalamnya terkait erat dengan data statistik sektoral," tambah Oni.

Permendagri tersebut mengatur tugas masing-masing stakeholder terkait penyelenggaraan statistik sektoral dimana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sebagai koordinator dalam pemetaan kebutuhan data sedangkan Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai walidata mengkoordinir dalam hal pengumpulan data.

"Kedua institusi diatas secara bersama-sama akan bertugas melakukan verifikasi dan validasi data. Pengisiannya menggunakan Sistem Informasi Pembangunan Daerah," jelasnya.

Rombongan tim Diskominfo Sumbar diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman, Zahirman, beserta pejabat dan staf terkait lainnya.(OFS/B3/Diskominfo Sumbar)

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh