CAR FREE DAY LOUNCHING MINGGU 20 JANUARI 2019


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 17 Januari 2019 17:37:44 WIB | Berita Terkini | 656 kali dibaca


CAR FREE DAY LOUNCHING MINGGU 20 JANUARI 2019

PADANG, SP...Hari bebas kendaraan bermotor ( Car Free Day ) siap Lounching Minggu 20 Januari 2019 di Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang. Kegiatan yang digagas Dispora Sumbar bersama Indonesia Marketing Association ( IMA ) di sepanjang jalan lebih kurang 2,6 kilometer itu akan dipergunakan untuk berbagai aktifitas olahraga. Dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Dari keterangan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, Adib Alfikri  didampinggi Presiden IMA Chapter Padang, Darmawi beserta jajaran kepada awak media di ruang Kadispora Sumbar, Kamis (17/1) mengatakan, saat ini olahraga tidak saja menjadi kebutuhan, namun sudah menjadi live Style. selain hidup sehat olahraga juga menjadi gaya hidup masyarakat saat ini.

Diakuinya, untuk memenuhi kebutuhan itu harus ada solusi. Car Free Day merupakan langkah nyata. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah dengan stek holder terkait bersama IMA telah melakukan berbagai persiapan.

Adib menilai, car free day sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berolahraga, karena memberikan ruang untuk melakukan aktivitas, sekaligus sebagai hiburan bagi keluarga .

“ Car Free Day ini bukan menandingi Kota Padang yang ada di GOR H Agus salim, namun tidak lebih untuk mengurai kepadatan yang ada di lokasi tersebut. Pastinya  kegiatan ini akan kita mulai, Minggu (20/1), diawali dari Kantor Bapeda Sumbar, hingga ke Rumah Makan Lamun Ombak,’’ kata Adib.

Adib juga menyampaikan, untuk memenuhi kebutuhan parkir kendaraan masyarakat yang melakukan aktifitas, perkantoran di Jalan Khatib Sulaiman akan dijadikan tempat parkir serta area untuk UMKM yang akan berjualan. Trotoar, badan jalan tidak diperbolehkan untuk berdagang, seperti di GOR Agus Salim yang tidak layak lagi menjadi tempat berolahraga," ucapnya.

"Untuk kedepanya, Car Free Day Khatib Sulaiman bakal dijadikan icon car free day di Sumbar. Disini kami juga mengundang berbagai komunitas, cabang olahraga dan kantor serta toko di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman untuk ikut serta meramaikannya," ungkap Adib.

Dikatakan Adib, terkait jalur alternatif, pihak pelaksana telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan kepolisian serta pihak bersangkutan lainnya. Sementara survei kepadatan di Jalan Khatib Sulaiman sudah dilakukan, dimana nantinya, bus Trans Padang akan dialihkan,’’ tambahnya.

Ketua Pelaksana Jefri Kurniawan menerangkan, di tunjuknya jalan Khatib Sulaiman untuk kegiatan Car Free Day, selain jalur utama, juga salah satu upaya atau rangkain dalam memperjuangkan Khatib Sulaiman untuk ditetapkan sebagai pahlawan Nasional yang berasal dari Sumatera Barat.

“ Car Free Day ini meruapakan salah satu rangkaian dalam mewujudkan Khatib Sulaiman, ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Dari Sumbar,’’ urai Jefri

Lebih lanjut Jefri menuturkan, sebelum Lounching Car Free Day pada 20 Januari 2019, pada 19 Januari 2019 akan dilakukan lounching buku biografi kepahlawanan Khatib Sulaiman.

" pada Lounching Car Free Day nanti akan ada berbagai kegiatan seremoni, yang nantinya akan dilakukan  Gubernur Sumbar, setelah peluncuran buku biografi Khatib Sulaiman pada 19 Januari nanti," kata Jefri yang juga cucu dari Pahlawan Khatib Sulaiman ini.

Pada kegiatan seremoni Car Free Day Khatib Sulaiman tersebut, akan diisi dengan aktivitas olahraga, budaya, pemungutan sampah ( Zero Sampah ) serta pesta rakyat. sekaligus mengisi rangkaian memperingati gugurnya Pahlawan Khatib Sulaiman ke 70 tahun. ( Mul ) 

 


Berita Terkait :

Belum Ada Berita Terkait

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh