BPBD Sumatera Barat Sediakan Fasilitator Kebencanaan untuk Kabupaten/Kota


Post by Badan Penanggulangan Bencana Daerah(HERA ARMAN, ST) | Posted on 08 Januari 2019 16:59:47 WIB | Badan Penanggulangan Bencana Daerah | 443 kali dibaca


BPBD Sumatera Barat Sediakan Fasilitator Kebencanaan untuk Kabupaten/Kota

Padang(7/1) - Hari Selasa di kantor BPBD dilaksanakan soliasisasi Pedoman POF (Pool Of Fasilitator). Kegiatan di hadiri oleh fasilitator fasilitator kebencanaan yang telah memiliki kompetensi di Bidang Penanggulangan Bencana dan siap diterjunkan untuk memfasilitasi kegiatan di kab/kota. 

Kalaksa BPBD Provinsi Sumatera Barat Erman Rahman menyampaikan bahwa fasilitator yang ada di POF akan diterjunkan ke kabupaten/kota untuk memfasilitasi kegiatan kebencanaan sesuai dengan bidangnya

"Fasilitator fasilitator yang tergabung dalam POF di siapkan untuk memfasilitasi kegiatan Kebencanaan di Kabupaten/Kota" Ucap kalaksa ketika di temui.

Sekretaris BPBD Eliyusman menyampaikan bahwa POF akan dikelola dengan baik di sekretariat yang sebelumnya telah diserahkan oleh TATT's ke Sekretariat BPBD.

"POF akan dikelola di sekretariat dan Sekretariat akan mengelola fasilitator POF sesuai Pedoman yang telah di bentuk" Ujar sekretaris ketika sosialisasi Pedoman POF siang itu.

Team Leader TATT's Mercy Corps Mely Darni mengatakan bahwa Fasilitator di POF diharapkan dapat berproses dan terus belajar mengembangkan kapasitasnya agar terus bisa meningkatkan SDM kebencanaan di Sumatera Barat 

"Fasilitator diharapkan terus berproses dan belajar mengembangkan kapasitasnya agar terus bisa meningkatkan SDM kebencanaan di Sumatera Barat" Ucapnya ketika penyampaian pedoman POF.

Pool of Facilitator (PoF)  Penanggulangan Bencana (PB) Provinsi Sumatera Barat yang diinisiasi semenjak Mei 2017 oleh Mercy Corps Indonesia melalui TATTs (Technical Assistance through Training Team) Program merupakan sebuah wadah untuk berbagi ilmu pengetahuan bagi para anggota yang berasal dari BPBD dan Non BPBD, yang memiliki kompetensi di bidang  Penanggulangan Bencana Provinsi Sumatera Barat baik sebagai fasilitator, nara sumber, instruktur dan moderator. 

PoF ini juga digunakan sebagai sebuah perangkat atau alat  bagi BPBD Provinsi Sumatera Barat untuk memberikan pelayanan terkait Penanggulangan Bencana di Sumatera Barat.(HA)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh