Rapat Koordinasi Pengelolaan Database Terpusat Aplikasi E-Samsat Provinsi Sumatera Barat


Post by Badan Keuangan Daerah(YADI ARHAM, S.Kom) | Posted on 20 Desember 2018 13:05:06 WIB | Berita Terkini | 367 kali dibaca


Rapat Koordinasi Pengelolaan Database Terpusat Aplikasi E-Samsat Provinsi Sumatera Barat

akeuda, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Melalui Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pengelolaan Database Terpusat aplikasi e-Samsat Provinsi Sumatera Barat di Ruang Rapat Pimpinan Bakeuda jalan khatib Sulaiman No.43 Padang, Rabu (19/12/2018). Peserta yang hadir sebanyak 50 orang berasal dari berbagai instansi seperti Kepolisian, Jasa Raharja, Bank Nagari, dan PT.Telkom Indonesia serta seluruh Kepala UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan ini dibuka oleh kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat, Zaenuddin, SE, MM. Dalam sambutannya kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumbar menyampaikan perjalanan Aplikasi e-samsat dari waktu ke waktu yang dimulai dari periode tahun 2010 sampai dengan tahun 2018 dengan sistem Aplikasi dan Database Terdistribusi yang mana pada masing-masing kantor samsat mempunyai server dan database tersendiri (lokal). banyaknya kendala dan permasalahan yang terjadi pada sistem aplikasi dan Database terdistribusi seperti Anomali data, data tidak realtime, inefsiensi Pemeliharaan Sistem Informasi, keamanan data sulit di pertanggungjawabkan.diharapkan Setelah menerapkan database Sentralisasi , pemasalahan yang ditemui sebelumnya dapat teratasi dengan baik, anomali data tidak lagi terjadi karena sinkronikasi sudah tidak ada dalam proses transaksi. Dan yang lebih penting lagi jaringan komunikasi, diharapkan mempunyai backup jaringan. apabila jaringan utama (main networking) putus jaringan secondary network langsung up.

Dalam kesempatan yang sama General Manejer PT Telkom Indonesia, Sulkan Mengatakan PT. Telkom Indonesia siap mendukung Perubahan aplikasi dan Database yang terdistribusi menuju Database Tersentralisasi. Komitmen untuk avaibility jaringan (network dan monitoring) yang sudah 99%, pengembangan Data centre, Ketersediaan Server/Database, Keamanan Data Akses, Knowledge Update, merupakan Point kritis yang harus dilakukan agar implementasi e-Samsat Terpusat  dapat berjalan dengan baik  dan lancar. (tambahnya)

Sementara itu, Kepala UPTD Sistem Informasi Keuangan Daerah Bakeuda, A.Suhendri, S.Kom, M.Sc menambahkan, dengan diimplementasikannya e-Samsat Terpusat, yang direncanakan pada 2 UPTD Pilot Project (Padang Pariaman dan Kabupaten Solok) pada tanggal 2 Januari 2019 Format Pelayanan Samsat Keliling juga akan mengalami penyesuaian dengan menghadirkan OTO Banking Bank Nagari pada setiap layanan samsat keliling.

Sumber : UPTD Sistem Informasi Keuda


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh