DISDIK SUMBAR GELAR MTQ, TAHFIS DAN LOMBA DAKWAH PELAJAR SMA/SMK


Post by Dinas Pendidikan(PON SISWA, S.Sos) | Posted on 29 November 2018 13:54:59 WIB | Pendidikan | 476 kali dibaca


DISDIK SUMBAR GELAR MTQ, TAHFIS DAN LOMBA DAKWAH PELAJAR SMA/SMK

Padang, 21 November 2018

       Dalam rangka meningkatkan  penguatan pendidikan karakter  dikalangan pelajar SMA dan SMK  Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat mengggelar lomba  Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ), Tahfis dan lomba Dakwah antar pelajar SMA, SMK ,  Selasa hingga Jumat                          (20 s.d.23 November 2018 ).

      Kegiatan  MTQ, Tahfiz dan lomba Dakwah ini dibuka oleh Gubernur yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM, Rabu pagi bertempat di Masjid Baiturrahmah Aiepacah By. Pass Padang ( 21-11 ).

      Kepala  Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM usai pembukaan mengatakan, kegiatan MTQ, Tahfiz dan lomba Dakwah  antar pelajar SMA/SMK ini merupakan agenda  pertama kali dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan  ini sebagai bentuk penguatan karakter serta sebagai alat untuk mengajak siswa SMA dan SMK mengenal agamanya lebih  baik.

     Walaupun pertama kali ujar Burhasman, namun kegiatan ini perlu dilaksanakan berlanjutan, sehingga para siswa betul-betul mampu mengenal agamanya lebih baik lagi.

     Sementara ketua pelaksana Kasi Kurikulum Bidang PSMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Maidison, S.Pd, MM dalam laporanya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan MTQ, Tahfiz dan lomba Dakwah  ini adalah UU No.20/2003 tentang sistim pendidikan nasional, Pepres No. 87/2017 tentang penguatan pendidikan karakter, dimana penguatan pendidikan karakter harus terintegrasi di setiap satuan pendidikan pada bidang intra kurikuler dan ekstra kurikuler.

      Sedangkan dasar selajutnya ujar Maidison adalah Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pendidikan bahwa dalam visi dan misi tersebut adalah kita melahirkan generasi muda yang cerdas dan bertaqwa.

      Maidison menuturkan, tujuan kegiatan MTQ, Tahfiz dan lomba Dakwah antar pelajar SMA/SMK ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamaalan kandungan Al Quran itu dikalangan generasi muda, meningkatkan ukhuwah Islamiah antar peserta dididk serta mencari dan melahirkan bibit dan kader dari peserta ini.

       Kegiatan ini ujar Maidison diikuti utusan terbaik dari seluruh kab/kota yang berjumlah sebanyak 228 peserta, terdiri dari  MTQ  SMA 38 siswa, Tahfis 38, lomba Dakwah 38 putra/putri. Sedangkan tingkat SMK, MTQ 38, Hafis 38 dan lomba Dakwah 38 putra/puri.

      Kasi Kurikulum SMA menjelaskan,  pelaksanaan tempat kegiatan untuk tingkat SMA, MTQ di SMA Negeri 1, Tahfiz SMA Negeri 2 dan lomba Dakwah di SMA Negeri 3 Padang.  Sementara MTQ  SMK dilaksanakan di SMK Negeri 2 Padang, Hafiz  di SMK Negeri 6 dan lomba Dakwah di SMK Negeri 9 Padang. ( By: Pon Siswa, S.Sos/Disdik Sumbar )


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh