Wakil Gubernur Sumbar : Generasi Milenial Agar Gunakan Hak Pilihnya


Post by Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(TITA SHANIA) | Posted on 29 November 2018 11:54:38 WIB | Berita Terkini | 620 kali dibaca


Wakil Gubernur Sumbar : Generasi Milenial Agar Gunakan Hak Pilihnya

Jelang dilaksanakannya pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2019, pemerintah provinsi Sumatera Barat (Sumbar)intensif melaksanakan kegiatan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang demokrasi maupun proses politik. Meningkatnya pemahaman masyarakat tentang demokrasi akan bermuara pada meningkatnya partisipasi politik masyarakat pada 17 April 2019 mendatang.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, bahwa masyarakat khususnya generasi muda perlu memahami proses demokrasi didaerah. Hal ini disampaikan beliau saat membuka secara resmi kegiatan dialog politik bagi pimpinan partai politik (parpol), organisasi masyarakat (ormas) dan generasi muda di Padang, pada hari Rabu (28/11). Wakil Gubernur juga menambahkan agar generasi milenial mau berpartisipasi dalam perhelatan demokrasi lima tahunan yang berlangsung pada 17 April 2019 mendatang dengan cara menggunakan hak pilihnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Sumbar juga memberikan materi yang membahas tentang pembinaan politik dalam negeri. Turut menjadi narasumber yakni Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Nazwir, SH, M.Hum, pakar politik dari Universitas Andalas, Dr. Aidinil Zetra, dan Ibu Rukayah Anwar. 

Dalam paparannya, Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Nazwir, SH, M.Hum menyampaikan bahwa untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu, maka pemerintah daerah berkewajiban untuk melakukan fasilitasi . Hal ini sesuai dengan pasal 434 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatakan bahwa pemerintah daerah memberikan bantuan dan fasilitas berupa pelaksanaan sosialisasi, pelaksanaan pendidikan politik, pemantauan penyelenggaraan pemilu maupun memastikan kelancaran transportasi pengiriman logistik. 

Tak hanya itu, pemerintah daerah juga mesti memberikan fasilitasi penugasan personel pada sekretariat PPK, Panwaslu Kecamatan dan PPS, termasuk menyediakan sarana ruangannya. Pemerintah daerah pun mesti memberikan perlindungan hukum dan keamanan pada pemantau pemilu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Basko ini digelar bagi 175 orang siswa siswi SLTA di kota Padang. Dengan diberikannya dialog politik ini, diharapkan generasi muda tak lagi apatis dalam memandang isu politik dan lebih memahami proses proses demokrasi didaerah sehingga dapat memberikan hak suaranya secara sadar dan penuh tanggung jawab, dan tidak terpengaruh dengan isu isu negatif yang dapat mempengaruhi pemahaman politiknya.
 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh