BIMBINGAN MOTIVASI SOSIAL / KETERAMPILAN BERUSAHA BAGI KELUARGA MISKIN ( DALAM RANGKA HARGANAS )


Post by Dinas Sosial(ARNES BASRI, S.Kom) | Posted on 07 November 2018 11:36:16 WIB | Aplikasi Program Sosial | 47 kali dibaca


BIMBINGAN MOTIVASI SOSIAL / KETERAMPILAN BERUSAHA BAGI KELUARGA MISKIN ( DALAM RANGKA HARGANAS )

BIMBINGAN MOTIVASI SOSIAL / KETERAMPILAN BERUSAHA BAGI KELUARGA MISKIN ( DALAM RANGKA HARGANAS )

Padang. Dinas Sosial melalui Bidang Pemberdayaan Sosial mengadakan kegiatan Bimbingan Motivasi Sosial/Keterampilan berusaha bagi Keluarga Miskin di Edotel Bundo Kanduang Padang pada tanggal 8 -10 Oktober 2018. Peserta berasal dari Kota Padang yang berjumlah 40 orang. 

Maksud dan Tujuan

1. Maksud

Kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan berusaha bagi keluarga miskin dan memasyarakatkan nilai – nilai sosial yang menjamin terpeliharanya alat perekat keluarga serta menggalang dan menggerakkan potensi dan modal sosial yang di miliki masyarakat dalam mendukung peningkatan motivasi kemampuan dan peran keluarga.

2. Tujuan

Meningkatnya kesejahteraan keluarga serta memberikan motivasi bagi 40 KK Miskin / Wanita Rawan Sosial Ekonomi yang telah mendapatkan Bimbingan dan Motivasi keterampilan berusaha dalam mengatasi permasalahan yang di alaminya.

Paradigma terhadap penanganan masalah sosial tidak saja terfokus pada substansi kemiskinan, tetapi sudah bergeser pada pembangunan keluarga atau “ Family Resilience ” (ketahanan keluarga). Ketahanan keluarga dimaksud merupakan  kemampuan keluarga dalam mengelola sumber daya yang dimiliki serta menanggulangi masalah yang dihadapi, untuk dapat memenuhi kebutuhan fisik maupun psikososial keluarga, guna mencapai suatu Kesejahteraan, melalui proses pengelolaan penanggulangan masalah Psikososial keluarga. Indikator kuatnya ketahanan keluarga ditandai dengan kuatnya ketahanan ekonomi, pendidikan, akhlak, dan keharmonisan serta hubungan anggota keluarga yang baik dan sakinah.

Berdasarkan hasil pemetaan data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial yang dihimpun oleh Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat dari beberapa Kab/ Kota pada tahun 2017 ditemukan 283 keluarga bermasalah sosial psikologis dan 4274 KK Perempuan Rawan Sosial dan keluarga rentan  yang masih  memerlukan  penanganan sosial dari Dinas Sosial maupun Staekholder yang terkait dengan penanganan   permasalahan keluarga miskin atau rawan sosial ekonomi. Salah satu media solusi alternatif yaitu peningkatan keterampilan dan kemampuan keluarga melalui Bimbingan Motivasi Sosial/ Keterampilan.

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh