TMMD Buka Jalan Usaha Tani


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 07 November 2018 09:03:03 WIB | Berita Terkini | 53 kali dibaca


TMMD Buka Jalan Usaha Tani

Pesisir Selatan -  6 November 2018

 Sepanjang 4,5 Km jalan usaha tani di Kampung Air Kalam Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang dibuka untuk mempermudah akses masyarakat untuk membawa hasil pertaniannya. Pembukaan lahan tersebut dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD)ke 103 Kodim 0311/Pessel. 

Jalan usaha tani ini sebelumnya merupakan jalan setapak mengelilingi hutan menuju lahan perkebunan masyarakat. Karena hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki sehingga ketika membawa hasil panen  masyarakat harus mengeluarkan  biaya angkut cukup tinggi . 

Dandim 0311/Pessel Letkol Arh Wahyu Akhadi,SH., mengatakan jalan Setapak dan Hutan di buat jalan merupakan bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-103 Kodim 0311/Pessel. Selasa (06/11)

"Banyak pertimbangan yang sudah dilakukan antara TNI dan Pemerintah Pesisir Selatan untuk membangun jalan tersebut," katanya.

Mengatakan,jalan usaha tani menghubungkan  Kampung Air Kalam dengan Kampung Tampunyik. Dan pengerjaannya hingga kini disebut dengan harapan setelah TMMD selesai kedua daerah ini tidak lagi menjadi daerah  terisolasi karena sebelumnya cuma ada akses jalan setapak untuk menuju kedua lokasi tersebut.

" Sebenarnya, lokasi itu berpotensi, tetapi masyarakat yang memiliki lahan di lokasi tersebut enggan untuk menggarap akibat belum adanya akses jalan, padahal  dilokasi tersebut juga Ada Akses Wisata Air Terjun Timbulun 7 bidadari yang juga sangat pontesial dikembangkan sebagai objek wisata," ujarnya .

Ditambahkannya  malalui program TMMD, pemerintah memberikan kepercayaan kepada pihak TNI untuk membangun jalan yang bisa menghubungkan dua Kampung dan 

Pembangunan jalan di Lokasi tersebut dinilai menguntungkan masyarakat karena semenjak ada jalan menuju lokasi tersebut nilai jual tanah sudah mulai naik, dan juga terbuka Akses Wisata. Selain itu, area yang dahulu lahan tidur sekarang menjadi lahan produktif untuk pertanian. 

"ita berharap kedepannya setelah di bukanya jalan usaha tani ini bisa dilakukan peningkatan oleh pemerintahan nagari atau Kabupaten sehingga jalan ini mampu menumbuhkan ekonomi baru bagi masyarakat, dan kedepannya potensi wisata Air terjun bisa dikembangkan ," ujarnya .

Wahyu berharap adanya perhatian lebih untuk kawasan ini kedepannya, terutama pengembangan wisata Air terjun perlu peran semua pihak untuk mengembangkannya sehingga kedepannya ada usaha ekonomi masyarakat jika kawasan ini dikelola secara baik .


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh