Workshop Pengembangan Kemasan dan Desain Kemasan


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 11 Oktober 2013 06:35:33 WIB | Artikel | 1852 kali dibaca


Workshop Pengembangan Kemasan dan Desain Kemasan

Tanggal 9 s/d 10 Oktober 2013 di Hotel Pangeran Beach Padang



                  

Dalam rangka penguatan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Direktorat Dagang Kecil dan menengah dan Produk Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Worshop Pengembangan Kemasan dan Desain Kemasan pada hari Rabu s/d Kamis tanggal 9 s/d 10 Oktober kemaren bertempat di Hotel Pangeran Beach Padang.

Tujuan dari Workshop tersebut adalah Meningkatkan pengetahuan UMKM untuk memlih kemasan yang tepat sebagai daya tarik konsumen bagi suatu produk, mengoptimalkan kesadaran UMKM tentang kemasan yang baik dan tepat untuk menjaga mutu suatu produk sebagai sarana diskusi dan tukar informasi sesama UMKM dalam meningkatkan daya saing produk dalam dan luar negeri.

Peserta dari Workshop ini adalah IKM Pangan yang berasal dari Kabupaten/Kota di Sumatera Barat sebanyak 100 IKM, sedangkan Nara Sumber terdiri dari Akademisi dan Praktisi dengan materi yang disampaikan sbb :

  1. Keamanan Pangan Produk oleh Prof. DR. Nuri Andarwulan( Akademisi)
  2. Pemilihan Kemasan Produk oleh Ir. Thomas Gozali M.P ( Packaging House Indonesia)
  3. Produk Kemasan UMKM dilihat dari sisi Konsumen oleh Linda F.( Kuliner )
  4. Meningkatkan penjualan dengan memperbaiki penampilan produk oleh Puguh Priyo Sudibyo            ( Praktisi Kemasan )
  5. Kisah sukses sekaligus seleksi produk peserta untuk mengisi gerai/toko Christin Hakim oleh Christin Hakim( IKM Keripik Balado Christin Hakim )

Acara ini dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Ka. UPTD Balai Promosi dan Pemasaran Ridonald SE, M.Si. Sebelum pembukaan didahului oleh laporan Ketua Pantia Pelaksana oleh Bapak Maruli Situmorang Kepala Sub Dit. Pengembangan Produk Lokal. Direktorat Dagang Kecil Menengah dan Produk Dalam Negeri Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan.

Dalam Pembukaan Worksop ini Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Ka. UPTD Balai Promosi dan Pemasaran manyampaikan hal-hal sebagai berikut :

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, salah satu jenis industri kecil yang potensial   dan merupakan Industri unggulan Sumatera Barat adalah Industri Makanan. Melihat kondisi Industri Makanan saat ini yang berkembang cukup cepat dan banyak diminati oleh turis lokal dan mancanegara, ternyata masih perlu dipoles dalam bentuk pembinaan lanjutan , khususnya dalam masalah kemasan yang masih dijumpai kemasan yang sederhana dan seadanya. Dengan dikemas atau dipacking yang menarik, maka produk pelaku IKM khususnya produk Makanan   dapat lebih diminati dan mempunyai daya saing di pasaran dalam dan luar negeri.

Kemasan produk tidak hanya berfungsi sebagai wadah, tetapi harus mampu berfungsi sebagai sarana promosi yang berdaya jual serta memenuhi fungsi lainnya seperti memberikan perlindungan bagi produk yang dikemas, serta merupakan sumber informasi dan memiliki ciri khas produk yang akhirnya konsumen tertarik dan merasa puas dengan produk tersebut.

Tampilan kemasan suatu produk sangat berperan dalam menarik minat konsumen untuk membeli. Mayoritas masyarakat kita masih menilai kualitas suatu produk tergantung pada kemasan. Itu sebabnya hanya produk-produk keluaran Perusahaan-perusahaan besar saja yang mampu menguasai Pasar, serta publikasi yang dilakukan juga cukup gencar. Kondisi ini bertolak belakang dengan keadaan produk-produk IKM. Produk IKM kita umumnya dijual dalam kondisi apa adanya, sehingga disamping kemasan terlihat kurang menarik, kualitasnya juga terkesan kurang bagus. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa produk IKM kita kalah bersaing dengan produk dari Perusahaan besar.

       Dilaksanakannya Workshop Pengembangan Kemasan dan Desain Kemasan UMKM bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan UMKM untuk memilih kemasan yang tepat serta membantu IKM Makanan Sumatera Barat dalam hal mengembangkan desain kemasan yang menarik dan dapat menembus pasaran lokal maupun domestik. Kemasan yang menarik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan usaha IKM Makanan.

Dalam hal ini, kemasan tidak saja berfungsi untuk pembungkus produk Makanan yang dijual, tapi seiring dengan perkembangan zaman dan perilaku konsumen, kemasan juga berfungsi sebagai :

ü  Daya Tarik. Sebagus apapun kualitas produk yang kita jual apabila dikemas seadanya, maka produk tersebut tidak akan memiliki daya tarik bagi konsumen

ü  Kemasan dapat meningkatkan citra produk. Kemasan yang didesain secara menarik akan menimbulkan kesan citra dan kualitas yang baik dari produk Makanan   yang ada di dalamnya

ü Kemasan sebagai sarana Promosi yang efektif terhadap produk yang kita jual

ü Kemasan dapat menjangkau Pasar yang jauh. Sebagai contoh; pasar di Malaysia, Singapura, Timur Tengah, dll .

ü Kemasan penting untuk menjaga gengsi konsumen.

ü Kemasan yang praktis. Dengan kemasan, konsumen bisa dengan praktis membawa produk Makanan yang dibelinya ke mana-mana. Dalam hal ini bentuk Produk Makanan harus didesain dengan mempertimbangkan unsur kepraktisan.

Melalui Workshop Pengembangan Kemasan dan Desain Kemasan UMKM ini diharapkan partispasi aktif peserta selama Workshop ini berlangsung dalam rangka mewujudkan Kemasan produk Makanan di Sumatera Barat yang menarik dan sesuai dengan selera konsumen.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh