Gerakan Pramuka Pembinaan Kepemimpinan Masa Datang


Post by Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) | Posted on 08 Oktober 2013 12:31:53 WIB | Berita Terkini | 1267 kali dibaca


Padang, Keberadaan mahasiswa selaku insan akademis merupakan yang melahirkan strategis, inovasi, visi dan misi yang cermelang. Dan sebagai kaum intelektual, mahasiswa mempunyai kewajiban untuk mengembangkan kemampuan dalam membangun bangsa dan negera sesuai dengan profesi masing-masing. Gerakan pramuka merupakan salah satu wafdah pembinaan generasi muda untuk meneruskan estafet kepemimpinan bangsa dengan mengunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Muslim Kasim selaku inspektur upacara  Pembukaan Pekan Kreasi Raih Prestasi II Pramuka Penegak Wilayah Sumatera Barat, Jambi dan Bengkulu tahun 2013 di Padang Besi, Selasa (8/10). Hadir dalam kesempatan tersebut para pembinaan Pramuka Provinsi Sumatera Barat dan IAIN Imam Bonjol Padang.

Lebih jauh Muslim Kasim menyampaikan, Pramuka yang berpangkal di Perguruan Tinggi merupakan bagian internal dari gerakan pramuka sejalan dengan Tri Dharma Perguruang Tinggi, sehingga mampu memberikan warna pembangunan yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945.

Sebagai genarasi muda sudah seharusnya kita terus berlajar dan mengali budaya bangsa sendiri, sehingga pada akhirnya tercipta generasi bangsa yang mempunyai jatidiri dengan nilai-nilai luhur budaya dalam sendi-sendi kehidupan bangsa melayu, kegotong royongan, ramah tamah, bantu membantu dan peduli akan sesama.

Anggota pramukan adalah orang-orang yang terlatih, yang memiliki potensi besar untuk dapat mengisi kehidupan penuh dengan tantangan dengan cara berbakti kepada orang tua, guru, rajin belajar serta menjalan ibadah sehari-hari. Genarasi Pramuka mesti mampu tunjukan diri kepada siapapun bahwa didadanya setiap anggota pramuka terpatri utuh Tri Satya dan Dharma Pramuka, paparnya.

Muslim Kasim juga menyampaikan, pelaksanaan kegiatan kreasi raih prestasi pramuka penegak tahun 2013 , yang diikuti oleh gugus depan dalam dan luar provisni Sumatera Barat memberi makna bahwa kegiatan ini dapat selalu ditingkatkan setiap tahunnya. Kegiatan ini juga memberikan inspirasi setiap anggota pramuka untuk melatih diri, berlomba, bersaing dalam mewujudkan prestasi yang terbaik.

Jadi pramuka sejati yang berdiri didepan dalam setiap kegiatan masyarakat, bekerja keras, santuan dan peduli terhadap sesama. Estafet kepemimpinan masa depan bangsa dan negera ini ada di pundak mu. Semoga tetap kuat, sehat dan melahirkan prestasi yang membanggakan, harapnya.

Dalam kegiatan Pekan Kreasi Raih Prestasi II Pramuka Penegak Wilayah Sumbar, Jambi dan Bengkulu melakukan banyak kegiatan perlombaan dan kemasyarakatan, seperti lomba pidato, lomba kelompok, lomba kesenian, lomba baca Al Qu’an, dll. (Humas Sumbar)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh