Wagub Muslim Kasim Serahkan Bantuan BLM PUMP 15 Kelompok Nelayan Pessel


Post by Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) | Posted on 07 Oktober 2013 21:03:30 WIB | Berita Terkini | 1102 kali dibaca


Painan, Wakil Gubernur Muslim Kasim beserta rombongan SKPD Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan kerja ke Pesisir Selatan, Senin (6/10), dalam rangka penyerahan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Pembinaan Usaha Mina Politan (PUMP) kepada 15 kelompok masyarakat Nelayan, yang dilakukan di Kantor Walinagari Painan Utara Kabupaten Pessel, dari total bantuan Rp. 17 Miliar yang diserah ke Sumbar, Pessel mendapat Rp. 5 miliar lebih.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Muslim Kasim menyampaikan, bantuan BLM PUMP kepada 15 kelomponk usaha masyarakat nelayan ini walaupun bersifat sesaat, tentu ini dapat mendorong peningkatan hasil usaha kelompok masyarakat nelayan di Pessel. Mulai dari peningkatan mutu kualitas produksi maupun pakejing, sehingga dapat meningkatkan dan menguatkan hasil penjualan serta harga tawar yang mensejahterakan masyarakat.

Yang jelas bantuan BLM PUMP ini mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam pembelian alat produksi, bukan untuk menambah modal usaha dan kebutuhanan lain-lain.  Jaga bantuan ini sebaik mungkin, mudah-mudah dengan hasil yang semakin baik, tentu akan menjadi evaluasi untuk dapat menerima bantuan-bantuan lainnya dimasa-masa datang, ujarnya

Muslim Kasim juga menambahkan, ada banyak bentuk bantuan yang diserahkan, untuk kelompok usaha masyarakat nelayan, kelompok tangkap, dan kelompok budidaya ikan. Bantun ini bersifat pendorong dan motivasi bagi usaha dan kegiatan masyarakat nelayan di Pessel untuk bekerja lebih baik lagi dengan hasil yang memiliki daya saing.

Semua orang amat suka dengan produkdi ikan asin dan teri super Pessel yang terbaik, yang harganya saat ini mencapai Rp. 35.000,- hingga Rp. 45.000,- per kg. Tentunya jika ini dilakukan dengan lebih baik lagi akan mampu meningkatkan harga dipasaran.

Kita juga mendukung gagasan Anggota DPR RI Dasrizal Basir, agar pemkab. Pessel melakukan penetapan zona produksi usaha masyarakat agar mudah dalam pembinaan nantinya, harapnya.

Anggota DPR RI Dasrizal Basir yang mantan Bupati Pessel dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, saat ini ada BLM PUMP untuk masyarakat nelayan Sumatera Barat sebesar Rp. 17 Miliar.  Dana bantuan ini diberikan kepada 55 kelompok usaha masyarakat nelayan Rp. 2,7 Miliar, 59 untuk kelompok usaha tangkap ikan Rp. 5,5 Miliar dan 124 kelompok usaha budidaya ikan Rp. 8,3 Miliar.

Namun untuk kesemua itu, kita berharap pengalaman masa lalu jangan terulang lagi dengan sikap prilaku masyarakat yang tidak bertanggungjawab terhadap pelaksanaan bantuan. Banyak kisah bantuan masa lalu, seperti bantuan sapi bergilir yang oleh masyarakat dijual bukan di kembangkan, sehingga ini tidak menjadi manfaat yang lebih kepada masyarakat, arahnya. (Humas Sumbar)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh