Ketika Bank Syariah Masuk Bursa


Post by Erwinfs(Erwinfs) | Posted on 31 Juli 2018 21:44:41 WIB | Artikel | 557 kali dibaca


Ketika Bank Syariah Masuk Bursa

Tabloid Kontan pada edisi khusus yang terbit bulan Juni 2018 menulis berita tentang masuknya bank syariah ke bursa efek atau pasar modal. Artinya bank syariah mencari modal untuk keperluan bisnisnya sudah melalui instrument ekonomi modern. 

Sedikitnya ada tiga bank syariah yang masuk ke pasar modal. Yaitu, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah, BRI Syariah, dan Panin Dubai Syariah. 

Apa keuntungan bagi nasabah bank syariah yang ingin menginvestasikan dananya secara syariah? Mereka kini bisa memiliki saham ketiga bank syariah tersebut di pasar modal. Tidak lagi sekedar menempatkan deposito di bank Syariah, tetapi bisa ikut memiliki bank syariah melalui kepemilikan saham yang dibeli di pasar modal. 

BTPN Syariah melepas sahamnya ke publik sebanyak 770,37 juta saham. Sedangkan BRI Syariah melepas sahamnya ke publik sebanyak 2,62 miliar saham.  Panin Dubai Syariah melakukan penawaran saham perdana pada 15 Januari 2014. Sedangkan BTPN Syariah melakukan penawaran saham perdana pada 8 Mein 2018. Dan BRI Syariah melakukan penawaran saham perdana pada 9 Mei 2018. Kabarnya BNI Syariah pun akan melantai di bursa efek Indonesia. \

Dengan melantai di bursa, bank syariah lebih mudah dilihat kondisi keuangannya, bagaimana pendapatannya, bagaimana utangnya, bagaimana pertumbuhan usahanya. Dan ini akan menarik para calon investor yang berniat menaruh dananya secara syariah di pasar modal. 

Bagi bank syariah, dengan mendapatkan modal dari bursa, akan mampu memperluas skala bisnisnya dengan mendapatkan dana dari investor di bursa. Dan bagi nasabah, selain mereka mendapatkan margin dari deposito di bank syariah, mereka juga bisa memiliki saham bank syariah, dan akan menghasilkan dividen. 

Selain dividen, bukan tidak mungkin nilai saham bank syariah akan bertambah tinggi. Yang berarti memberikan keuntungan kepada pemegang saham tersebut.  

Semakin tinggi nilai saham bank syariah, akan semakin memberikan kepercayaan kepada investor bahwa memiliki saham bank syariah adalah menguntungkan. 

Menurut informasi lisan yang pernah saya dengar dari pihak BEI perwakilan Padang, nasabah pasar modal berKTP Sumbar yang terdaftar di bursa jumlahnya 7.000 orang. Bukan tidak mungkin dengan semakin banyak masuknya bank Syariah ke pasar modal, akan meningkatkan jumlah nasabah berKTP  Sumbar. (efs)

Referensi: Tabloid Kontan, Edisi Khusus, Juni 2018   


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh