30 PEMUDA SUMBAR IKUTI KEGIATAN PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 17 Juli 2018 09:51:54 WIB | Berita Terkini | 897 kali dibaca


30 PEMUDA SUMBAR IKUTI KEGIATAN PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN

LUBUK SELASIH ( KAB. SOLOK ), SP...Sebanyak 30 pemuda utusan Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, ikuti kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan yang di gagas Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, dari 16 sampai 20 Juli.

Kegiatan itu secara resmi dibuka Kadispora Sumbar, Adib Alfikri didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Hj. Yulfina, Senin 16/ 7 malam di aula Pondok Pemuda Lubuk Selasih ( Kab. Solok ). Turut hadir Kepala Seksi Sumber Daya Pemuda dan IPTEK Kepemudaan Nanda Edya Putra, serta perwakilan Korem 032 Wirabraja Algusri.

Dalam arahannya Kadispora menyampaikan, tujuan pemerintah melalui Dispora Sumbar mengadakan kegiatan ini, salah satunya sebagai bentuk mejewantahkan uu 40 tentang kepemudaan, dalam mempersiapkan kader bangsa yang handal, memiliki sikap optimis, serta untuk membangun karakter unggul di masa depan.

“ Meningkatkan wawasan kebangsaan sangat penting bagi pemuda, pemuda yang baik memiliki pribadi jujur, serta memiliki karakter yang kuat ( Berintegritas ), dalam melanjutkan kelangsungan hidup bernegara,’’ kata Kadispora.

Dikatakannya bahwa dalam memaknai Wawasan Kebangsaan, tidak harus memulai dari hal- hal yang besar, hal yang kecil seperti mengibarkan bendera di depan rumah waktu memperingati 17 Agustus harus dimaknai dengan dalam.

“ Sekedar mengibarkan bendera saat 17 Agustus  di rumah, belum memaknai wawasan kebangsaan, dibalik itu kita harus pahami bahwa begitu banyak korban pejuang bangsa ini dalam merebut dan mengibarkannya, oleh karena itu sebagai penerus bangsa pemuda agar mempu mengisi kemerdekaan dengan hal yang positi,’’ urai Adib.

Selain itu Adib juga mengingatkan, peserta agar mengikuti kegiatan dengan maksimal dari awal sampai akhir kegiatan.

“ Kita berharap peserta agar menjalani kegiatan ini sampai tuntas, karena narasumber yang memberi materi merupakan orang- orang yang mempuni dibidangnya, dan usai kegiatan peserta supaya dapat menyampaikan ilmu tersebut kepada pemuda lainnya sehingga dapat mewarnai wawasan pemuda Sumbar khususnya dan Indonesia umumnya’’ harap Adib.

Panitia pelaksana Kepala Seksi Peningkatan Kreativitas Pemuda Dessuer dalam laporannya menerangkan, kegiatan ini dilaksanak dalam dua angkatan, angkatan I sudah selesai dilakukan  pada 9 sampai 13 Juli dengan peserta 30 orang. Angkatan II digelar 16 sampai 20 Juli dengan jumlah peserta 30 pemuda,         

Sedangkan narasumber yang dihadirkan berasal dari, Korem 032/ Wirabraja Sumatera Barat, DPRD Sumbar, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Tokoh Agama, Akademisi, dan Tokoh Pemuda.

“ Dari kegiatan ini kita harapkan, pemuda khususnya peserta dapat memahami tentang arti berbangsa dan bernegara, aspek kewilayahan NKRI, Sistem Ketahannan Nasional, serta dapat tumbuh kesadaran pemuda terhadap peran strategi, dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia,’’ terang Dessuer. ( Mul )

  .  


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh